Top 5 News

Hari Pertama Cuti Bersama hingga Erdogan Marah Besar ke Prancis

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 20:04 WIB
Top 5 News 28 Oktober
Foto: detikcom
Jakarta -

Hari ini merupakan hari pertama jatuhnya cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Kemacetan pun terjadi di berbagai tempat, salah satunya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 55 hingga Km 62.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan geram dan meminta orang Turki boikot barang-barang yang berasal Prancis. Dia marah besar ke Presiden Prancis yang membela publikasi karikatur Nabi Muhammad sebagai hak kebebasan berbicara.

Selain dua berita tersebut, ada berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Rabu (28/10/2020).

1. Hari Pertama Libur Panjang, Tol Japek Macet

Hari pertama libur panjang pada pekan ini, kemacetan terjadi di sejumlah tempat salah satunya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Volume kendaraan dari pagi hingga sore tadi terlihat padat.

PT Jasa Marga (Persero) meminta masyarakat mewaspadai sejumlah titik agar tetap aman saat bepergian pada long weekend ini. Selain itu, untuk mencairkan kepadatan, pihak Jasa Marga memberlakukan contraflow di Km 47-61 Tol Jakarta-Cikampek.

Artikel Selengkapnya: Titik Kemacetan Tol Japek

2. Erdogan Marah Besar ke Prancis

Pemerintah Turki geram dan menuduh majalah mingguan satire Prancis, Charlie Hebdo melakukan "rasisme budaya". Majalah itu dikecam karena membuat sebuah kartun halaman depan untuk edisi terbarunya yang mengejek Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Lebih dari itu, Erdogan juga marah besar ke Presiden Prancis Emmanuel Macron karena membela publikasi karikatur Nabi Muhammad sebagai hak kebebasan berbicara. Karenanya, ia menyerukan boikot produk dari Prancis.

Artikel Selengkapnya: Awal Mula Kegeraman Erdogan

3. Penampakan Buaya Raksasa

Buaya berukuran jumbo kembali ditangkap warga di Desa Pangkal Raya, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung (Babel). Buaya seberat 700 kilogram yang videonya viral di berbagai media sosial itu kini telah mati.

Berdasarkan informasi dari Polsek setempat buaya sepanjang 5 meter itu ditangkap warga menggunakan pancing dengan umpan bebek. Buaya tersebut terpaksa ditangkap karena membuat warga resah, karena sudah memakan korban jiwa.

Artikel Selengkapnya: Buaya Raksasa Ditangkap Pagi, Sore Mati!

4. Jokowi Peringati Sumpah Pemuda

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan semangat bergotong-royong dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020. Jokowi menegaskan tidak ada istilah penyekatan berdasarkan suku.

Menurutnya semangat Sumpah Pemuda adalah menyatukan persaingan dan perbedaan. Sebab, tidak jarang antar-individu saling menjatuhkan dalam berkompetisi di era globalisasi

Artikel Selengkapnya: Jokowi: Kita Sebangsa Setanah Air

5. Buruh dan Mahasiswa Demo Lagi di Patung Kuda

Sejumlah massa buruh dan mahasiswa membaur di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Mereka datang dalam dua kelompok untuk berunjuk rasa menolak kembali pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Dalam peringatan sumpah pemuda kali ini, para buruh dan mahasiswa juga turut membacakan sumpah buruh dan sumpah yang dipimpin oleh massa aksi masing-masing. Kemudian diikuti seluruh massa yang berada di lokasi.

Artikel Selengkapnya: Potret Aksi Tolak Omnibus Law Sore Tadi

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)