PDIP Stagnan di Survei Indikator Politik, Sekjen: Hasil Survei Dinamis

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 18:48 WIB
Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto (Foto: dok.PDIP)
Jakarta -

Elektabilitas PDIP di Survei Indikator Politik terlihat stagnan. Merespons hal itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menilai hasil survei masih bersifat dinamis.

"Terhadap berbagai hasil survei tentu saja PDIP melihat hasil survei secara dinamis itu sebagai respon atas persepsi dari responden ketika survei diadakan," kata Hasto, dalam acara peresmian kantor DPP PDIP secara virtual, Rabu (28/10/2020).

Hasto mengatakan survei yang dihasilkan itu melebihi suara yang didapat pada pemilu 2019 kemarin, yang saat itu sebesar 18,98 persen. Hasto mengartikan saat ini banyak masyarakat yang percaya dengan PDIP.

"Kalau tadi ada yang mengatakan elektoral PDIP 25,6 persen itu dikatakan stagnan ya buat PDIP referensi kita adalah pada saat pemilu yang lalu dimana perolehan suara PDIP adalah 18,98 persen. Alhamdulillah rakyat masih memberikan kepercayaan kepada PDIP sehingga seluruh gerak kepartaian masih dapat dijalankan dengan baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan hasil survei boleh dilihat namun, jangan dijadikan sebagai patokan. Kalaupun hasilnya bagus menurutnya harus dipertahankan dengan terus bekerja lebih giat.

"Saya selalu bilang survei boleh dilihat tapi jangan dipegak, hari ini keluar survei besok pagi pasti sudah berubah, katanya PDIP tinggi, pertahankan dan naikkan dong, masa nggak bisa, misalnya dengan apa, kerja, nggak ada kata lain, turun ke bawah," kata Megawati di selam sambutannya di acara tersebut.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indikator Politik memaparkan hasil survei terbaru terkait elektabilitas partai politik saat ini. Partai Gerindra mencatat kenaikan elektabilitas paling tinggi.

Survei ini dilakukan pada 24-30 September 2020. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak. Metode survei dilakukan wawancara via telepon dengan margin of error sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Seluruh responden terdistribusi secara acak dan proporsional.

"Partai Gerindra naik kencang, PDIP stagnan, Demokrat dan PKS juga naik, paling tinggi Gerindra," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam hasil survei terbaru bertajuk 'Politik, Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi', Sabtu (25/10/2020).

Tonton video 'Survei Kandidat Capres Favorit: Ganjar-Prabowo Naik, Anies Stagnan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)