Usai Tandatangani Pigura Konsorsium Pemuda, Massa di Tugu Proklamasi Bubar

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 12:44 WIB
Usai Tandatangani Pigura Konsorsium Pemuda, Massa di Tugu Proklamasi Bubar
Usai Tandatangani Pigura Konsorsium Pemuda, Massa di Tugu Proklamasi Bubar (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Massa pemuda yang memperingati Hari Sumpah Pemuda 2020 di Tugu Proklamasi membubarkan diri. Mereka meninggalkan lokasi setelah menandatangani pigura konsorsium pemuda Indonesia yang akan dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan detikcom, massa membubarkan diri dari Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (28/10/2020) pukul 12.15 WIB. Massa yang berasal dari sejumlah organisasi kepemudaan itu kembali ke sekretariat masing-masing.

Salah seorang perwakilan massa, Bintang Wahyu Saputra, mengatakan kehadiran para pemuda di Tugu Proklamasi ini sebagai bentuk dukungan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB Semmi) itu menyampaikan orasi Resolusi Pemuda Indonesia 2020. Berikut ini isinya:

Apa yang telah terjadi di bangsa dan negara Indonesia, kekinian. Untuk itu saya harapkan teman-teman mengikuti apa yang akan kita dekralariskaan bersama. Bismillahirahmanirahim. Resolusi Pemuda Indonesia tahun 2020. Dengan ini kami putra putri Indonesia:

1. Mendukung penuh langkah Presiden Ir Joko Widodo dalam mewujudkan Indonesia maju.

2. Mengapresiasi kinerja baik pemerintah di satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

3. Pemuda Indonesia dengan ini menyatakan siap melibatkan diri maupun organisasi dalam pembangunan nasional untuk Indonesia lebih maju.

Bintang mengklaim acara ini diikuti oleh puluhan organisasi kepemudaan. Dia juga menjelaskan alasan mengapa pihaknya menyatakan dukungan terhadap pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Alasannya kita melihat bahwa pemerintah telah melakukan banyak pembangunan-pembangunan khususnya infrastruktur. Pemerintah tidak bisa kerja sendiri. Kita pemuda siap melibatkan diri dalam mewujudkan Indonesia maju," ujar dia.

(knv/dhn)