Operasi Zebra di Bundaran Senayan, Polda Metro Jaya Bagikan 4.000 Masker

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 10:02 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pantau langsung Operasi Zebra di Bundaran Senayan.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pantau langsung Operasi Zebra di Bundaran Senayan. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Jajaran Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2020 di sejumlah titik, salah satunya kawasan Bundaran Senayan, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan ini, polisi juga membagikan 4.000 masker kepada pengendara.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan 4.000 masker ini akan dibagikan kepada pengendara selama 14 hari Operasi Zebra. Dalam Operasi Zebra kali ini, polisi memang lebih banyak mengedepankan edukasi dan sosialisasi terkait protokol kesehatan dan keselamatan berlalu lintas, mengingat kondisi pandemi Corona belum selesai.

"Melalui operasi zebra ini setiap hari kita akan bagikan 3.000-4.000 masker di seluruh Polres-Polres dan Polsek di Jajaran Polda Metro Jaya, setiap hari selama 14 hari operasi, ini tadi ketika menemukan warga masyarakat yang tidak memakai masker maka tidak kita tilang tapi justru kita berikan penyadaran dan berikan masker," jelas Sambodo di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2020).

Ke-4.000 masker ini sebagian didistribusikan ke Polres jajaran Polda Metro Jaya. Jadi, polisi pun dapat memastikan bahwa tiap warga akan memiliki masker.

"Tiga ribu-4 ribu masker itu nanti kita akan bagikan ke masing-masing Polres, kita masih ada stok jutaan masker yang kemarin sempat dicanangkan itu masih ada, dan 3 ribu-4 ribu masker ini kita akan bagikan kepada Polres akan mereka bagikan setiap hari kepada seluruh warga masyarakat sehingga masyarakat Indonesia seluruhnya mempunyai masker lebih dari satu itu yang kita harapkan," ujarnya.

Pantauan detikcom pada Rabu (28/10) di sekitar Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Sambodo Purnomo memantau langsung kegiatan Operasi Zebra 2020. Terlihat ia bersama polisi lainnya mengimbau para pengendara mematuhi lalu lintas.

Sejak pagi ini, belum ada pelanggar yang ditilang. Polisi pun berjalan menyusuri jalanan sekitar Bundaran Senayan. Selain mengimbau untuk menjaga ketertiban lalu lintas, mereka turut membagikan masker dan brosur bertuliskan imbauan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker).

"Operasi Zebra, patuhi protokol kesehatan, patuhi lalu lintas," ucap salah satu personel Satlantas Polda Metro Jaya di Bundaran Senayan kepada pengendara yang melintas, Rabu (28/10).

"Siap, Pak," jawab pengendara.

(mea/mea)