Demo UU Ciptaker di Jakarta Terpusat di 3 Titik, Estimasi Massa 4.000 Peserta

Tiara Aliya - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 09:29 WIB
Sejumlah organisasi buruh melakukan aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (22/10/2020). Mereka menolak undang-undang omnibus law dan meminta presiden menerbitkan perpu
Ilustrasi massa demo di Patung Kuda. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh dan mahasiswa siang ini akan menggelar kembali unjuk rasa di Jakarta. Estimasi massa diperkirakan mencapai 4.000 buruh dan mahasiswa yang menolak omnibus law UU Cipta Kerja.

"Hasil rapat tadi malam kemungkinan antara 3.000-4.000, di tiga titik tersebut ya," kata Sambodo di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2020).

Sambodo memerinci tiga titik aksi massa, yakni di depan gedung DPR RI, Istana Merdeka, dan kawasan Tugu Proklamasi. Untuk pengamanan demo hari ini, sebanyak 10.000 personel gabungan disebar di titik konsentrasi massa maupun di titik rute massa.

"Sekitar 10 ribuan ditambah nanti pasukan cadangan," jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa beragam elemen akan mengikuti kegiatan unjuk rasa di Hari Sumpah Pemuda ini. Mulai dari mahasiswa hingga buruh. Oleh sebab itu, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar DKI Jakarta.

Sambodo menjelaskan, khusus di kawasan DPR RI dan Tugu Proklamasi, pengalihan arus bersifat situasional. Sedangkan di kawasan Istana Merdeka dan sekitarnya dipastikan akan diberlakukan penutupan jalan.

"Kalau untuk di DPR-MPR dan di Tugu Proklamasi pengalihan arusnya sifatnya situasional artinya buka tutup arus akan dilakukan setelah ada massa. Tapi, khusus untuk seputaran Istana mulai tadi malam sudah dipasang barier sama seperti pengamanan-pengamanan unjuk rasa sebelumnya di Bundaran Patung Kuda, di Harmoni, di Gambir, Veteran, dan sebagainya. Ini kita masukkan untuk menjaga ketertiban keamanan dan kenyamanan bagi pengunjuk rasa maupun bagi masyarakat umum," ungkapnya.

Untuk diketahui, polisi telah menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana, berikut rinciannya:

(Lihat di halaman berikutnya)

Catat! Begini Rekayasa Lalin di Sekitar Istana Jelang Demo Hari Ini:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2