Round-Up

Deret Panjang Ulah KKB Kemabu hingga Anggota Tewas Diserbu

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 04:31 WIB
TGPF diserang KKB di Intan Jaya, Papua, Jumat (9/10/2020)
Foto: Rombongan TGPF Intan Jaya saat dihadang dan ditembaki oleh KKB (Dok. Istimewa)

Kelompok ini memiliki anggota puluhan orang. Para remaja jika sering dilibatkan dalam aksi kriminal kelompok Kemabu.

"Pada saat kejadian diketahui KKB berjumlah 50 orang dengan membawa 17 senjata api yang terdiri dari orang dewasa dan melibatkan anak remaja namun dipersenjatai sebagai strategi tameng hidup KKB kelompok Sabinus Waker," ucap Kamal.

"Saat ini Sabinus Waker tidak punya pekerjaan tetap. Kehidupan sehari-hari dia mendatangi masyarakat melakukan pemerasan untuk dia dan kelompoknya. Masyarakat di luar Freeport sering diperas. Kemudian di lintasan Freeport sering melakukan penembakan dan merampok," ujarnya.

Catatan kejahatan KKB Kemabu di kepolisian sudah menumpuk. Kelompok ini menyerang anggota Brimob pada tahun 2015, hingga menyebabkan satu anggota Brimob asal Sulawesi Selatan meninggal dunia ditembak.

Anggota Brimob itu bertugas untuk perbantuan pengamanan di Papua. Tak hanya menembak hingga tewas anggota Brimob, kelompok ini juga merebut senjata aparat.

"Sabinus Waker merebut dua senjata laras panjang milik Brimob. Senjata jenis senapan serbu Steyr AUG tersebut diduga digunakan saat menyerang anggota Brimob, Sabtu (21/10/2017). Dugaan ini didasarkan dari kemampuan Steyer yang bisa menembak dari jarak jauh, lantaran dilengkapi dengan teleskop," kata Kamal.

Pada tahun 2017, KKB Sabinus Waker juga disebut membuat resah kawasan Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Kelompok kriminal ini terkenal kerap melakukan perampasan terhadap warga dan teror penembakan di sekitar pertambangan PT Freeport.

Polisi kemudian menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) terhadap 21 orang pelaku penembakan itu. Menurut catatan Polres Mimiki, identitas ke-21 pelaku penembakan di wilayah Tembagapura itu ialah Ayuk Waker, Obeth Waker, Ferry Elas, Konius Waker, Yopi Elas, Jack Kemong, Nau Waker, Sabinus Waker, Joni Botak, Abu Bakar alias Kuburan Kogoya, Tandi Kogoya, Tabuni, Ewu Magai, Guspi Waker, Yumando Waker alias Ando Waker, Yohanis Magai alias Bekas, Yosep Kemong, Elan Waker, Lis Tabuni, Anggau Waker, dan Gandi Waker.

Berikut adalah daftar rekam jejak kriminal KKB Sabinus Waker selama 2020: