Pesta Miras di Wajo Sulsel Berujung Saling Bacok, 1 Orang Tewas

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 22:17 WIB
Pelaku saling serang usai pesta miras di Wajo (Dok. Istimewa)
Pelaku saling serang seusai pesta miras di Wajo (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pesta minuman keras (miras) membuat 3 pria di Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), saling serang pakai parang. Seorang pria tewas akibat terkena sabetan parang di sejumlah bagian tubuhnya.

Tiga pria yang saling serang itu berinisial LM (46), AK (28) beserta MS (35). Korban tewas adalah LM.

"Pelaku (AK dan MS) memarangi korban berulang-ulang," kata Kapolres Wajo AKBP Muhammad Islam Amrulloh dalam keterangannya, Selasa (27/10/2020).

Peristiwa nahas itu terjadi di wilayah Kecamatan Gilireng, Wajo, Minggu (25/10). Saat itu, korban tewas beserta kedua pelaku sedang pesta miras.

"Pelaku dan korban bersama-sama minum beralkohol namun beda tempat (beda titik)," kata Amrulloh.

Diduga mabuk berat, korban LM tiba-tiba datang ke meja minum milik MS dan AK. Ketiganya kemudian cekcok mulut.

"Jadi korban datang marah-marah ke tempat minum pelaku dan terjadi cekcok, tetapi mereka sempat dilerai masyarakat setempat," tutur Amrulloh.

Namun, setelah pelaku hendak pulang, lanjut Amrulloh, korban kembali bereaksi dengan mencoba menyerang pelaku AK namun AK bisa menghindar. Selain itu, korban disebut menebas leher AK untuk kedua kalinya, tetapi kembali meleset.

"Akhirnya pelaku MS marah karena rekannya diparangi. Kemudian kedua pelaku (AK dan MS) mengejar korban dan memarangi korban," kata dia.

LM sendiri disebut tewas akibat sabetan parang pada bagian dada, tangan dan kakinya. Sementara itu, AK dan MS ditangkap polisi pada keesokan harinya, Senin (26/10) sekitar pukul 15.40 Wita.

"Lelaki AK dan MS mengakui telah melakukan penganiayaan bersama-sama terhadap korban dengan parang," tutur Amrulloh.

Kini, AK dan MS terancam 12 tahun penjara setelah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 338 juncto Pasal 170 ayat 2 ke 3e KUHP.

(imk/imk)