Putusan KPU Ogan Ilir Dianulir MA, Bupati Petahana Tetap Ikut Pilkada

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:58 WIB
Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam.
Foto: Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam. (Raja Adil Siregar-detikcom)
Ogan Ilir -

Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan pasangan calon bupati dan wakil bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam-Endang yang didiskualifikasi KPU Ogan Ilir. Ilyas yang merupakan bupati petahana tetap menjadi peserta Pilkada.

Dilihat detikcom di situs Kepaniteraan MA, Selasa, (27/10/2020), permohonan Ilyas yang terdaftar dengan nomor registrasi 1P/PAP/2020 itu sudah diputus. MA mengabulkan permohonan Ilyas.

"Kabul permohonan pemohon," demikian tulis MA. Putusan itu diketuk oleh majelis hakim yang terdiri dari Yosran, Is Sudaryono dan Yulius.

Timses Ilyas-Endang mengaku telah menerima putusan tersebut. Mereka menyebut Ilyas-Endang telah ditetapkan lagi sebagai peserta Pilkada.

"Benar, permohonan kita telah diputus MA. Permohonan kita dikabulkan, maka artinya pasangan Ilyas Panji-Endang ditetapkan kembali menjadi calon di Pilkada Ogan Ilir," kata Ketua Tim Pemenangan Ilyas Panji-Endang, Yulian Gunhar.

Dia mengatakan KPU membatalkan pencalonan Ilyas berdasarkan rekomendasi Bawaslu. Pihaknya, kata Ilyas, tetap menghormati proses yang dilakukan setiap lembaga.

"Didiskualifikasi katanya karena melanggar, di mana memberikan bantuan COVID-19. Tapi kami menghormati proses hukum dan masing-masing tugas. Tentunya keputusan yang diputus Bawaslu dan KPU pakai dalil," kata Yulian.

"Alhamdulillah, menurut kajian MA itu tidak terbukti. MA mengabulkan permohonan kita dan memerintahkan KPU kembali menerapkan pasangan Ilyas Panji-Endang calon di Pilkada 2020 di Ogan Ilir," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2