Tips Bepergian Aman & Sehat Saat Long Weekend

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:44 WIB
PT KAI
Foto: PT KAI
Jakarta -

Animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api meningkat jelang libur panjang pekan ini. Guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 imbas meningkatnya pengunjung tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan pelayanan dan protokol kesehatan di masa pandemi akan tetap optimal.

"KAI tak bosan-bosan mengingatkan pelanggan KA untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. KAI sendiri telah menyiapkan layanan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan yang ditetapkan Pemerintah," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Selasa (27/10/2020).

Oleh karena itu, KAI membagikan tips bepergian aman saat long weekend ini, berikut daftarnya.

Disiplin 3M

Pertama, Disiplin 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Tiga dasar tersebut merupakan kunci dari upaya pencegahan penularan COVID-19. Walaupun dalam suasana liburan, jangan lengah untuk selalu menerapkan 3M baik saat dalam moda transportasi umum maupun saat berkunjung ke destinasi wisata.

Pilih Moda Transportasi Aman

Kedua, pilihlah moda transportasi yang memiliki nilai tambah dalam menerapkan protokol kesehatan. KAI sebagai salah satu transportasi publik telah konsisten menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan Safeguard Label SIBV. KAI menjadi perusahaan jasa transportasi pertama di Indonesia yang mendapatkan label pengakuan konsistensi penerapan protocol kesehatan ini.

Safe Guard Label SIBV ini telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Selalu Bawa Hygiene Kit

Ketiga, siapkan dan bawa selalu hygiene kit. Hal ini menjadi poin penting selama melakukan mobilitas di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Lengkapi hygiene kit dengan hand sanitizer, masker cadangan, sabun cuci tangan, disinfektan, tisu antiseptik, dan lain-lain.

Bawa Dokumen Syarat Perjalanan

Keempat, siapkan dokumen persyaratan perjalanan. KAI mewajibkan pelanggan yang akan naik KA di masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk membawa berkas-berkas seperti surat keterangan hasil rapid test atau PCR.

Untuk memudahkan pelanggan KA, KAI juga telah menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun dengan tarif terjangkau yakni Rp 85.000 termasuk surat hasil rapid test yang berlaku selama 14 hari. Di masa peak season long weekend ini, KAI mengimbau untuk melakukan rapid test di stasiun sebelum hari keberangkatan untuk menghindari antrian panjang dan resiko tertinggal kereta.

Aktif Cari Tahu Protokol Kesehatan

Kelima, aktiflah untuk mencari tahu protokol kesehatan, kebijakan, dan regulasi di destinasi wisata yang dituju. Ada baiknya untuk selalu mencari yahu terlebih dahulu status zonasi destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Pilihlah destinasi wisata dengan zonasi hijau untuk meminimalisasi risiko penularan COVID-19. Cari tahu juga apakah destinasi wisata yang akan dikunjungi menerapkan pembatasan jumlah pengunjung, jam operasional, tata cara pembelian tiket dan sebagainya.

Konsumsi Multivitamin

Keenam, jagalah kesehatan dengan mengkonsumsi multivitamin dan makanan bergizi selama berlibur. Menjaga imunitas tubuh tetap prima merupakan salah satu kunci dapat tetap beraktivitas dengan sehat selama libur long weekend. Oleh karena itu, pastikan kesehatan tetap menjadi prioritas utama. Jangan lupa untuk selalu berolahraga, istirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi dan jaga imunitas tubuh dengan multivitamin.

Staycation Alternatif Liburan

Ketujuh, staycation bisa jadi alternatif liburan. Staycation menjadi tren traveling baru di masa pandemi. Pilihlah hotel dengan fasilitas menarik, bisa di dalam ataupun luar kota. Habiskan waktu liburan dengan menikmati fasilitas yang disediakan di hotel dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan saat Kembali Liburan

Terakhir, selesai liburan, sangat disarankan agar langsung melakukan pemeriksaan kesehatan yang dapat dilakukan dengan melakukan rapid test, serologi, rapid test antigen atau test PCR sebelum memulai kembali aktivitas rutin sehari-hari.

Liburan akhir pekan panjang akan tetap selamat, aman, dan menyenangkan jika semua pihak dapat patuh dalam menerapkan protokol kesehatan dan tips-tips kesehatan untuk bersama-sama menekan penularan COVID-19.

(ega/ega)