Libur Panjang, 3 Pelabuhan di Banten Disiapkan Antisipasi Kepadatan Merak

M Iqbal - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:22 WIB
Petugas memandu antrean truk yang akan menyeberang ke Sumatera di Dermaga V Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (27/10/2020). Menurut data kantor PT ASDP Cabang Merak menjelang libur panjang terjadi peningkatan arus penyeberangan dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya sebesar 6-10 persen dibanding hari biasa. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Pelabuhan Merak (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Cilegon -

Tiga pelabuhan di Banten selain Pelabuhan Merak disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur cuti bersama pekan ini. Ketiga pelabuhan tersebut, yakni Pelabuhan Pelindo, Bandar Bakau Jaya (BBJ), dan Indah Kiat.

"Kita cadangkan lagi dermaga swasta punya Pelindo, Indah Kiat, kalau penuh juga kita mainkan. Semuanya sudah disiapin, tinggal disiplin masyarakatnya aja," kata Kapolda Banten, Irjen Fiandar di Pelabuhan Merak, Selasa (27/10/2020).

Pelabuhan tersebut akan digunakan ketika kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak sudah tak terkendali. Meski demikian, polisi memprediksi kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak tidak terlalu padat lantaran terbantu dengan sistem tiket online.

"Dengan adanya sistem online ini sudah bisa dipastikan tidak akan ada tumpukan antrian lagi, terlebih ada penambahan satu dermaga lagi dermaga empat," ujarnya.

Polisi pun mengimbau kepada masyarakat yang terpaksa melakukan perjalanan libur panjang maupun mudik ke kampung halaman tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan harus tetap dijaga, supaya jangan sampai lalai terlena dengan liburan," kata dia.

(mae/mae)