Komisi IV Minta Pemerintah Dengarkan Aspirasi Masyarakat Sekitar TN Komodo

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 14:23 WIB
Wasekjen PKB sekaligus wakil ketua Komisi IV DPR
Foto: Daniel Johan (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, viral di media sosial foto yang menunjukkan seekor komodo tengah berhadapan dengan truk di TN Komodo. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberi penjelasan.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekowisata (KSDAE) KLHK, Wiratno, mengatakan di wilayah tersebut saat ini dilakukan pembangunan sarana prasarana penunjang pariwisata.

"Terkait dengan foto yang tersebar di media sosial tersebut dapat dijelaskan bahwa kegiatan aktifitas pengangkutan material pembangunan yang menggunakan alat berat dilakukan karena tidak dimungkinkan menggunakan tenaga manusia. Penggunaan alat-alat berat seperti truk, ekskavator dan lain-lain, telah dilakukan dengan prinsip kehati-hatian," kata Wiratno dalam keterangannya, Minggu (25/10).

Selain itu, KLHK meluruskan konsep wisata ala Jurassic Park di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo. Menurut KLHK tidak ada konsep wisata jurassic park di Pulau Rinca. Yang ada hanya merupakan pembangunan sarana dan prasarana di Loh Buaya.

"Saya sampaikan tidak ada konsep wisata Jurassic Park, pengelolaan taman nasional ada zona pemanfaatan, zona pemanfaatan boleh jadi eco wisata bukan mass tourism," ujar Wiratno.

Halaman

(hel/rfs)