Jejak Politik Fahrurrozi dari 'Gubernur Tandingan Ahok' hingga Tutup Usia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 13:17 WIB
Massa FPI yang menolak Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di depan gedung DPRD DKI dan Balai Kota melantik gubernur tandingan KH Farur Rozi Ishaq.Hasan Alhabshy/detikcom
Fahrurozi Ishaq (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta -

Kabar duka Front Pembela Islam (FPI) Fahrurrozi Ishaq meninggal dunia dalam kondisi positif virus Corona (COVID-19). Fahrurrozi pernah dikenal sebagai 'gubernur tandingan' Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, hingga masuk kepengurusan Partai Idaman.

Fahrurrozi Ishaq meninggal dunia pada Selasa (27/10/2020) dini hari. Sebelum meninggal dunia, Fahrurrozi Ishaq sempat menjalani tes swab PCR di RS Polri dan hasilnya dinyatakan positif terpapar Corona.

"Beliau (Fahrurrozi Ishaq) hasil swab di RS Polri confirm COVID-19," kata Kabid Pelayanan Medis dan Perawatan RS Polri Kombes Pol Yayok Witarto saat dikonfirmasi detikcom, hari ini.

Fahrurrozi dikenal sebagai ulama dan tokoh Betawi. Ia juga pernah dilantik oleh FPI sebagai 'gubernur tandingan' saat Ahok masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Kala itu, Fahrurrozi mendapat dukungan dari Habib Rizieq Syihab. Habib Rizieq bahkan menyebut 'gubernur tandingan' juga akan blusukan di Jakarta.

Fahrurrozi 'Dilantik' sebagai 'Gubernur Tandingan'

Fahrurrozi Ishaq 'dilantik' sebagai 'gubernur tandingan' oleh Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang terdiri dari 90 ormas, termasuk FPI dan FBR. Penunjukan Fahrurrozi, yang juga anggota FPI, diklaim lewat proses alot.

'Pelantikan' Fahrurrozi dilakukan di sela-sela demo penolakan Gubernur Ahok di depan gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, 1 Desember 2014.

"Dengan ini Ketua Presidium Penyelamat Jakarta telah mengadakan rapat beberapa hari yang lalu dengan proses yang alot. Walaupun cuma lima menit, dengan ini memutuskan dan menetapkan mulai hari ini di hati kita punya gubernur rakyat yaitu KH Fahrurrozi Ishaq, Ahok buang ke tempat sampah. Gubernur kita mulai hari ini adalah Fahrurrozi!" kata Ketum FBR Luthfi Hakim saat 'melantik' Rozi, yang kala itu bicara di atas mobil komando.

Fahrurrozi, yang berdiri di samping Luthfi, menerima pengangkatan tersebut dan berjanji akan menjalankan amanah sebagai 'gubernur tandingan' ini. Dia juga akan berusaha agar Ahok bisa lengser dari jabatan Gubernur DKI.

"Atas amanah ini saya meminta kepada seluruh anggota DPRD DKI Jakarta keinginan masyarakat hendaknya diterima, aspirasi masyarakat diteruskan. Saya minta seluruh anggota DPRD gunakan hak interpelasi dan hak angket secepatnya menurunkan Ahok. Terima kasih dan saya siap menjalankan tugas yang diamanahkan presidium," ucap Fakhrurozi.

Rizieq Shihab menambahkan Presidium Islam yang diketuai Rhoma Irama telah menentukan Rozi jadi 'gubernur tandingan'. Rencananya, gubernur baru ini akan dibawa ke Balai Kota.

"Siap bawa gubernur ke kantornya?" tanya Rizieq.

"Siaap!" jawab seluruh pendemo.

Simak juga video 'Positif Covid-19, Anggota DPRD Babel Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3