Round-Up

Heboh Isu Kepulangan Habib Rizieq dan Sederet Kontroversi yang Menyertai

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 17:54 WIB

4. Kontroversi SP3 Rizieq

Rizieq dinyatakan FPI sudah lepas dari kasus hukum, namun polisi membantahnya.

"Semua kasus Habieb Rizieq yang Habieb Rizieq sebagai tersangka sudah SP3. Itu saya mau tegaskan, sudah SP3. Jadi kalau ada yang masih mau menyebut ya pulang saja kan nanti dia harus berhadapan dengan hukum, ini orang bahlul," ujar Munarman saat konferensi pers, di Hotel Alia, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 15 Juli 2020.

Kepala Biro Penmas Divisi Hmas Polri saati itu, Brigjen Dedi Prasetyo, membantah kebenaran isu SP3 itu. "Tidak semua. Yang dihentikan itu yang di Polda Metro Jaya, kasus chat, dan di Polda Jawa Barat kasus Pancasila," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, 16 Juli 2019.

5. Kontroversi isu serobot doa pemakaman Mbah Moen

Ulama Kiai Haji Maimun Zubair (Mbah Moen) meninggal dunia. Muncul narasi di media sosial, Habib Rizieq memimpin doa di pemakaman Mbah Moen di Al Ma'la, Makkah, Arab Saudi. Dubes RI untuk Saudi, Agus Maftuh, menepis narasi itu. Dia mengatakan Rizieq menyerobot doa.

Agus mengaku menggotong langsung jenazah Mbah Moen bersama santrinya bernama Muhlisin dan KH Syarif Rahmat. Saat jenazah hendak diturunkan ke liang lahat, banyak jemaah yang berebut untuk menyentuh keranda.

Kemudian terdengar seseorang yang membacakan talkin setelah proses pemakaman Mbah Moen selesai. Setelah itu, Habib Rizieq langsung membacakan doa dengan suara keras.

KH Maimun Zubair atau Mbah Moen telah dimakamkan di pemakaman Al Ma'la Mekah. Habib Rizieq Syihab turut menyaksikan pemakaman kiai karismatik itu.KH Maimun Zubair atau Mbah Moen telah dimakamkan di pemakaman Al Ma'la Mekah. Habib Rizieq Syihab turut menyaksikan pemakaman kiai karismatik itu. Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom

Pengurus DPP FPI Slamet Ma'arif menepis isu bahwa Rizieq menyerobot doa untuk Mbah Moen.

"Semua yang di tempat menyaksikan, termasuk menteri agama dan dubes lihat langsung, dan semua lengkap videonya tapi orang-orang liberal mau melintir-melintir dan tak terima. kasihan kalau kebencian sudah mendarah daging," ujar Slamet kepada wartawan, 8 Agustus 2019.

Putra Mbah Moen, Gus Wafi' Maimun menyatakan kedatangan Rizieq ke pemakaman kala itu adalah atas permintaan keluarga Mbah Moen. Rizieq juga diminta menjadi imam salat dan memimpin doa pemakaman Mbah Moen.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5