Kunjungi Arab Saudi, JK Sempatkan Umroh di Tengah Pandemi COVID-19

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 12:14 WIB
JK dan Syafruddin umrah (Foto: dok Instagram Syafruddin)
JK dan Syafruddin umroh (Foto: dok Instagram Syafruddin)
Jakarta -

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK), berkesempatan melaksanakan ibadah umroh di tengah pandemi COVID-19. Ibadah umroh itu dilakukan JK saat melakukan kunjungan ke Arab Saudi.

Pelaksanaan ibadah umroh itu disampaikan JK melalui akun Instagram-nya, Senin (26/10/2020). Bersama JK, turut serta mantan Wakapolri yang juga Ketua Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam, Komjen Pol (Purn) Syafruddin, dalam rombongan itu.

Dalam posting-annya, JK mengunggah sebuah video. Video itu memperlihatkan saat JK dan rombongan melakukan prosesi umroh.

"Alhamdulillah menyempatkan menunaikan ibadah umroh dengan protokol kesehatan, setelah Masjidil Haram dibuka kembali," tulis JK.

JK dan Syafruddin umrah (Foto: dok Instagram Syafruddin)JK dan Syafruddin umrah (Foto: dok Instagram Syafruddin)

Hal senada disampaikan Syafruddin. Melalui akun Instagram-nya, Syafruddin mengungkapkan kebahagiaannya mendapatkan kesempatan umroh bersama JK.

"Alhamdulillah, kebahagiaan luar biasa karena mendapat kesempatan berumroh bersama Wakil Presiden RI ke-10 & 12 Jusuf Kalla setelah acara Penandatangan Naskah Perjanjian Kerjasama Pendirian dan Pembangunan Gedung Pameran dan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia dengan Pihak Liga Dunia Islam di Riyadh, Ibukota Kerajaan Saudi Arabia," tulis Syafruddin.

JK sebelumnya tiba di Arab Saudi pada Sabtu (24/10) lalu. Ketua Dewan Pembina Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam itu berkunjung ke Arab dalam rangka menindaklanjuti pendirian Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Jakarta.

Dalam kunjungannya itu, JK bertemu dengan Sekjen Dunia Islam, Syaikh Dr Muhammad Abdul Karim Al-Isa dan Syaikh Dr Nashir Az-Zahroni. Pertemuan itu pun menghasilkan penandatanganan naskah kerja sama pendirian dan pembangunan museum yang bisa segera dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dan kawasan Asia pada akhir 2021.

(mae/bar)