Viral Semburan Diduga Gas di TPA Cipayung Depok, Begini Faktanya

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 17:31 WIB
Semburan air di TPA Cipayung, Depok (Foto: Tangkapan layar video yang beredar)
Semburan air di TPA Cipayung, Depok (Foto: Tangkapan layar video yang beredar)
Depok -

Sebuah video yang dinarasikan sebagai semburan gas di dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat, beredar di media sosial. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok pun memberi penjelasan.

Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Damkar Kota Depok Denny Romulo Hutauruk menegaskan semburan tersebut bukanlah gas, melainkan air. Semburan itu, kata dia, berasal dari pengeboran sumur.

"Jadi bukan semburan gas, semburan air masih kata anggota," kata Denny saat dimintai konfirmasi, Minggu (25/10/2020).

Denny mengungkapkan semburan air itu bermula dari sebuah perusahaan yang melakukan pengeboran di kawasan tersebut. Namun, saat mencapai kedalaman 175 meter, bor mengenai pipa yang ditanam TPA.

"Benar kejadiannya. Jadi kronologinya ada pengeboran yang di ujung TPA turun kurang-lebih 100 meter ke bawah. Di sana ada pemantekan dari PT apa CV belum jelas buat seperti PDAM yang mengenai pipa yang ditanam sama TPA," jelasnya.

"Lokasi tidak jauh dari TPA. Dari laporan memang ada proyek yang sedang dilakukan di sana. Peruntukan air warga," imbuh Denny.

Denny mengaku sudah berkoordinasi dengan pengembang proyek tersebut. Dia pun meminta pengembang memantau semburan air tersebut.

"Kedalaman 175 meter. Jadi kita minta ke pengembang untuk dua-tiga jam sekali dikontrol menjaga hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Untuk diketahui, video yang beredar memperlihatkan semburan di TPA Cipayung, Depok. Semburan itu dinarasikan sebagai semburan gas dari hasil pengeboran sumur yang terlalu dalam hingga mengenai pipa dan meledak.

Tonton juga 'Muncul Lagi Semburan Gas Baru di Ngawi':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)