Ini Kendala Damkar Saat Padamkan Kebakaran di Basement Pasaraya Manggarai

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 15:35 WIB
Damkar atasi kepulan asap di Pasaraya Manggarai (Tiara Aliya/detikcom)
Damkar mengatasi kepulan asap di Pasaraya Manggarai. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Petugas Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Selatan menemukan kendala saat memadamkan api di basement Pasaraya Manggarai, Jakarta Selatan. Petugas kesulitan mengakses area basement karena kepulan asap yang pekat menghalangi pandangan mata.

"Ya kendalanya itu asap menebal sangat pekat dan kami pun susah menembuskan (ke dalam basement)," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jaksel Sartono di Pasaraya Manggarai, Jaksel, Minggu (25/10/2020).

Sartono mengatakan titik api terdapat di area basement Pasaraya, tepatnya di ruang panel listrik. Jadi, untuk bisa memadamkan api, petugas berupaya mengisap kepulan asap terlebih dahulu menggunakan blower hingga smoke remover.

"Tapi kami solusinya menggunakan blower portabel sebanyak lima dan pakai smoke remover berupa unit satu unit," jelasnya.

Selain asap tebal, Sartono menuturkan sempat terdengar suara ledakan kecil dari dalam basement. Ledakan ini berasal dari percikan api di antara kabel yang terletak di dalam panel yang terbakar.

"Nah itu panel dari panel itu sendiri. Sebenarnya itu ledakan kecil biasa percikan percikan antara kabel dengan kabel itu kan," ungkapnya.

Percikan api pun sempat menjalar hingga akhirnya api membesar. Hal ini menyebabkan seluruh kabel yang ada di ruang panel hangus terbakar dan menciptakan asap pekat.

"Cukup lumayan besar itu kondisinya semua kabel yang ada di ruang panel terbakar hangus," jelasnya.

Tonton juga 'Asap di Pasaraya Manggarai Akibat Panel di Basement Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)