Satpol PP DKI Klaim Warga Olahraga di Bundaran HI Disiplin Protokol Kesehatan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 09:30 WIB
Kasatpol PP DKI Arifin
Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin. (Foto: Ilman/detikcom)
Jakarta -

Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin, mengatakan aktivitas warga berolahraga di Bundaran HI masih tinggi saat masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Meski jumlahnya banyak, Arifin mengatakan warga yang berolahraga terus bergerak dan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Seperti hari ini berbagai aktivitas masyarakat masih tinggi aktivitasnya untuk berolahraga dengan menggunakan sepeda kemudian berlari ya. Kalau kita perhatikan mereka menggunakan masker ya, dengan disiplin ya. Jadi walaupun banyak orang tapi bergerak ya, tidak berhenti," kata Arifin di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (25/10/2020).

Arifin mengatakan pihaknya mendorong warga yang berolahraga untuk tidak diam dan berkerumun di lokasi. Mereka juga harus selalu menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran virus Corona (COVID-19) saat berolahraga.

"Kita juga mendorong supaya tidak diam, tidak berkumpul, berkerumun, dalam bentuk berhenti ya, tetapi ini harus bergerak ya, bergerak. Memang mereka membutuhkan untuk kegiatan beraktivitas berolahraga, tetap jaga (jarak) dan menggunakan masker harus jadi pedoman setiap orang ya untuk menghindari terpaparnya COVID," lanjutnya.

Warga berolahraga di Bundaran HI di masa PSBB transisi terakhirWarga berolahraga di Bundaran HI, Minggu (25/10). Foto: Wilda-detikcom

Arifin tidak memungkiri banyak warga yang masih memadati kawasan Bundaran HI walaupun car free day (CFD) belum diberlakukan saat ini. Karenanya, para petugas Satpol PP, Dishub, dan aparat TNI-Polri turut diterjunkan untuk mengingatkan tentanf protokol kesehatan dengan alat peraga di lokasi.

"Ya untuk pengawasan dan pengendalian terhadap aktivitas masyarakat bukan hanya dilakukan oleh rekan-rekan Satpol PP, tetapi tiap Minggu kegiatan seperti ini walaupun memang tidak dibuka untuk car free day atau kendaraan bebas bermotor tetapi memang aktivitas masyarakat ini tidak bisa dihindari untuk berolahraga ya," ucapnya.

"Nah, oleh karenanya, edukasi juga dilakukan, kita lihat petugas-petugas menggunakan beberapa alat peraga, dia menyampaikan di situ, edukasi kepada masyarakat tetap menggunakan masker, tetap jaga jarak, kemudian mencuci tangan dan sebagainya," imbuhnya.

Sebelumnya, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi DKI Jakarta berakhir hari ini. Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, masih ramai dipadati warga untuk berolahraga.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (25/10) pukul 07.15 WIB, kawasan ini masih ramai pesepeda dan pelari. Pesepeda tampak lebih mendominasi melintas dari segala arah. Pesepeda terdiri dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, orang tua, hingga kaum muda-mudi. Mereka terlihat mengayuh mengelilingi Bundaran HI.

Selain pesepeda, ada juga pelari dan pejalan kaki. Pesepeda dan pelari nampak sudah mengenakan masker namun sesekali ada juga yang menurunkan maskernya di dagu.

Tonton juga 'Mari Lakukan 3 Hal Wajib Berikut Agar Terhindar Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]

(azr/azr)