HUT Ke-56 Golkar, Jokowi Bicara UU Ciptaker dan Dukungan Partai Beringin

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 21:37 WIB
5 Tahun Jokowi-JK dan 1 Tahun Jokowi-Maruf Amin baru saja dilewati. Berikut serba-serbi pencapaian para tokoh tersebut untuk Indonesia.
Presiden Jokowi (Tim detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo berbicara tentang omnibus law UU Cipta Kerja di forum peringatan hari ulang tahun ke-56 Partai Golkar. Jokowi juga berterima kasih kepada kader-kader Golkar yang sudah mendukungnya dalam isu UU Cipta Kerja.

Dia mengawalinya dengan ungkapan keprihatinan bahwa Indonesia menjadi negara nomor 1 dalam hal kerumitan birokrasi di dunia. Hal itu tecermin dari ranking 1 dalam Global Complexity Index yang diraih Indonesia pada bulan Juni kemarin. Maka pemerintah berniat melakukan reformasi struktural dan reformasi birokrasi besar-besaran. Dibikinlah UU Cipta Kerja. Indonesia harus melakukan lompatan kemajuan.

"Itulah semangat dari berbagai kebijakan pemerintah termasuk UU Cipta Kerja," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun Sekretariat Presiden, Sabtu (24/10/2020).

Dengan UU Cipta Kerja, lapangan kerja akan terbuka, banyak tenaga kerja bisa terserap. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tumbuh berkembang. Koperasi bisa didirikan hanya dengan sembilan orang. Sertifikasi halal gratis dibiayai APBN untuk UMKM.

"Saya menyampaikan apresiasi atas dukungan Partai Golkar, baik yang berada di lembaga eksekutif maupun di DPR, yang secara bersungguh-sungguh mendukung transformasi fundamental yang sedang kita lakukan saat ini," kata Jokowi.

Dia mengatakan, 2021 akan menjadi tahun penuh peluang ekonomi. Pandemi COVID-19 ini juga menyimpan peluang kebangkitan Indonesia. Jokowi optimistis. Terakhir, Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun untuk partai berlambang pohon beringin ini.

"Selamat hari ulang tahun yang ke-56, Partai Golongan Karya, semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat, berkah, dan ridhonya kepada bangsa kita dan bagi kita semuanya," kata Jokowi.

(dnu/idh)