Ganjar Sempat Pertimbangkan Lockdown: Duit Pemerintah Tak Akan Cukup

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 18:03 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (30/9/2020).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: dok. Humas Pemprov Jateng)

Terakhir, Ganjar juga menyoroti dan menghitung ketersediaan logistik bagi warganya. Menurut dia, jumlah logistik di seluruh kecamatan yang ada di Jawa Tengah tidak akan cukup memenuhi kebutuhan jika daerahnya menerapkan lockdown.

"Logistic management-nya cukup nggak? Ada berapa perusahaan yang ada di sana? Dan mereka yang jual logistik ada berapa mereka di tempat itu. Kita hitung semuanya dari seluruh kecamatan yang ada di Jawa Tengah. Saya berada pada kesimpulan 'nggak akan cukup' karena saya hitung akan berapa lama, kita belum pasti," katanya.

Karena itu, Ganjar membuat kebijakan serta sejumlah insentif terkait pandemi Corona. Namun, menurutnya, hal tersebut kurang efektif untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya virus COVID-19.

"Satu, cara regulasi yang dibuat atau kebijakan yang dibuat termasuk insentif-insentif yang nantinya akan turun dan kemudian akan diberikan ke masyarakat," ucapnya.

"Di awal-awal itu mereka percaya (COVID-19), tapi pada saat ada 'saya nggak kena kok, saya nggak apa-apa kok', dan belum banyaknya orang yang terkena, membikin orang tidak percaya," sambung Ganjar.

Ganjar kemudian juga melakukan bottom up policy, yang melibatkan banyak elemen masyarakat dan kearifan lokal untuk melakukan sosialisasi terkait pandemi COVID-19. Bahkan ia mengakui terpaksa menjadi YouTuber guna memberikan pemahaman dan edukasi soal virus Corona kepada publik.

"Dan kita butuh edukasi dan butuh cerewet. Saat itulah bagaimana cara kita edukasi, terpaksa saya jadi YouTuber. Itulah sejarahnya, terpaksa jadi YouTuber, mengundang virologi, mengundang kiai, mengundang para dokter untuk menjelaskan, termasuk turunan persoalan yang muncul. Guru, siswa, penyedia alat telekomunikasi, para provider, kita minta jadi satu untuk duduk dan menjelaskan," ungkapnya.

Halaman

(hel/dnu)