Keliling Dharmasraya, Andre Rosiade Sumbang Ratusan Juta & Ambulans

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 14:09 WIB
Kampanye Nasrul Abit
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI fraksi Gerindra, Andre Rosiade menyalurkan program kemitraan berbasis lingkungan (PKBL) di empat titik Dharmasraya, Sumatera Barat. Ia menyerahkan bantuan senilai Rp 400 juta dalam bentuk mobil ambulans dan uang tunai.

Dharmasraya disebut menjadi salah satu penyumbang suara terbesar bagi anggota DPR RI asal Sumbar tersebut. Di titik pertama, Andre menyerahkan satu unit ambulans senilai Rp 250 juta diserahkan kepada warga Jorong Tarantang, Sialang Gaung, Kecamatan Koto Baru. Ia juga sempat menggelar dialog dengan warga di sana.

"Ini adalah bukti Partai Gerindra bekerja nyata. Bukan hanya cuap-cuap di media sosial. Jadi, kami ingin menunjukkan kepada oknum-oknum yang ingin menenggelamkan Gerindra di Sumbar. Kami bekerja, bukan cuap-cuap," kata Andre dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/10/2020).

Ia datang didampingi Ketua Komisi 3 DPRD Dharmasraya Rosandi Sanjaya dan tokoh pemimpin muda Dharmasraya Panji Mursyidan.Tokoh masyarakat Tarantang Abdul Muis memuji apa yang dilakukan Andre. Dia melihat Andre satu-satunya wakil rakyat DPR RI asal Sumbar yang kerap turun ke masyarakat. Dia berharap Andre membantu Jorong Tarantang menjadi Nagari Tarantang.

"Kami ingin pak Andre terus bersama kami di sini. Membantu kami membangun jalan-jalan ini, juga mengubah status Tarantang yang dulu desa tertua di Dharmasraya, menjadi nagari," kata Abdul Muis dalam dialog yang didahului sambutan aksi pencak silat pemuda Tarantang.

Tokoh Tarantang lainnya, Maas meminta Andre Rosiade juga peduli terhadap perkembangan pemuda Tarantang. "Kami ingin pak Andre membantu mewujudkan keinginan memiliki lapangan sepakbola. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan pemuda lainnya," kata Maas kepada Andre.

Andre menyebutkan akan terus memberikan bantuan kepada Nagari Tarantang yang telah baik kepadanya selama ini.

"Namun untuk jalan-jalan dan mengubah status jorong jadi nagari, biarlah dilakukan oleh kader Gerindra yang menjadi Bupati 2020 ini. Anggota Fraksi Gerindra DPRD Dharmasraya Rosandi juga akan kita tugasi soal jalan, karena ini dapilnya," kata Andre yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM).

Di titik kedua, yaitu di Musala At Taubah, Jorong Koto Ateh, Nagari Ampang Kuranji, Kecamatan Koto Baru, Andre berdialog dan menyerahkan bantuan PKBL senilai Rp 50 juta. Pengurus musala yang juga tokoh masyarakat setempat Jon Hendri berterima kasih kepada Andre Rosiade yang begitu peduli sampai ke pelosok Dharmasraya ini.

"Terima kasih pak Andre, bantuan ini dapat meningkatkan fasilitas di musala kami. Satu lagi permintaan, pak Andre membantu kami mengirimkan bantuan hewan kurban di sini. Karena warga di sini belum pernah mencicipi daging kurban setiap hari raya haji," kata Jon Hendri.

Selanjutnya di Surau Angku Syekh Jorong Palo Padang, Koto Baru, Andre berkesempatan berdialog dengan para hafiz atau penghafal Alquran di surau sederhana itu. Bantuan Andre senilai Rp 50 juta sangat bermanfaat untuk kelangsungan surau para hafiz dan hafizah ini.

"Gerindra harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Itu adalah pesan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto," kata Andre yang berkali-kali meneriakkan takbir di lokasi.

Mengakhiri kunjungan sehari penuhnya di Dharmasraya, Andre menyerahkan bantuan Rp 50 juta untuk Musala Al Jihad Tanjung Medan, Jorong Simpang Pogang, Nagari Empat Koto, Kecamatan Pulau Punjung.

"Semoga bantuan-bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Kami sudah empat kali berkunjung ke Dharmasraya tahun ini, pasca dilantik Oktober 2019 sebagai anggota DPR. Kami akan terus berbuat untuk Dharmasraya," kata Andre.

(mul/mpr)