Polda Metro Jaya Kerahkan 749 Personel Amankan Lalin Libur Panjang

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 10:34 WIB
Polda Metro Pantau Penerapan Protokol COVID-19 di Stasiun Tanah Abang
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW akan berlangsung pekan depan. Untuk itu, ratusan personel Polisi Lalu Lintas telah disiapkan Polda Metro Jaya untuk mengamankan arus lalu lintas masyarakat saat libur tersebut.

"Untuk pengamanan yang libur panjang itu 749 personel," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/10/2020).

Sambodo mengatakan 749 personel tersebut nantinya akan berasal dari jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya serta Satlantas yang ada di polres.

Terkait pengamanan libur panjang yang akan bertepatan dengan dimulainya Operasi Zebra 2020, Sambodo mengaku pihaknya telah siap terhadap dua kegiatan tersebut.

Dia memastikan sebaran personel yang diturunkan akan siap mengawal, baik yang bertugas mengamankan arus lalu lintas libur panjang maupun petugas yang bertugas menindak masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas.

"Operasi Zebra kita nggak ada razia, kita sifatnya hunting di mana titik-titik yang menjadi kerawanan pelanggaran di situ yang kita laksanakan. Lalu titiknya berbeda (pengamanan libur panjang dan penindakan Operasi Zebra).

"Titik-titik yang sering lawan arus, itu yang kita laksanakan (penindakan) karena itu kan berbeda dengan jalur libur. Jadi tetap ada yang bertugas pengamanan sama Operasi Zebra," tutur Sambodo.

Selain menerjunkan 749 personel, 15 pos pengamanan nantinya akan didirikan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya dalam pengamanan libur panjang. Pos tersebut sebanyak 10 pos di jalur tol.

"Pertama yang di jalur tol itu ada 10 (pos pengamanan). Mulai dari Cikunir Km 9, rest area Cikarang Utama, rest area Km 33, rest area Km 39. Pokoknya semua rest area kita jaga," sebut Sambodo.

Selain 10 titik pos pengamanan di jalur tol, tiga pos pengamanan juga akan didirikan di jalan-jalan arteri. Tiga pos pengamanan tersebut akan berdiri di daerah Pangkalan Jati, daerah Bekasi Cyber Park, dan Jalan Gandasuka.

"Terus yang dua lagi itu tetap Pos Semanggi dan Pos Cawang tetap kita isi (personel). Kalau nanti ada contra flow, ada one way, kan pusatnya di situ," pungkasnya.

(dkp/dkp)