2 Pendaki Bugil Ngaku Riset Nudism, Ini Kata TN Gunung Gede Pangrango

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 09:25 WIB
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Foto: Ismet Selamet/detikcom
Cianjur -

Dua pendaki yang bugil di kawasan Alun-alun Suryakancana Gunung Gede Pangrango, Cianjur, mengaku sedang melakukan riset nudism atau seni telanjang. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) angkat bicara terkait hal itu.

"Okelah riset, tapi kan kita masih dalami apakah kalau riset sesuai dengan peraturan kita," Kasi Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Aden Mahyar, ketika dihubungi, Jumat (23/10/2020).

Selain itu, pengelola akan mengumpulkan sejumlah data terkait aksi bugil itu. Jika sudah lengkap, data-data tersebut akan diserahkan ke pihak kepolisian. Aden mengaku sudah berkoordinasi dengan polisi.

"Ya salah satunya data-datanya (pengunjung) hal tersebut memang tamu kita atau apa gitu. Dalam artian tamu kita itu pengunjung, ya. Terus juga naiknya kapan, itu perlu ditelusuri," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pengunggah foto bugil berlatar Gunung Gede Pangrango, yang merupakan mahasiswa seni di salah satu universitas di Jakarta, membuat video klarifikasi. Dalam sebuah unggahan yang beredar di media sosial selama dua menit, Jumat (23/10/2020), mereka menjelaskan maksud unggahannya itu.

Kata akun eyi_oei dan bondanramadhani_, foto bugil mereka di Gunung Gede Pangrango adalah dokumentasi riset. Mereka menjelaskan riset yang dimaksud adalah soal seni telanjang.

Lihat juga video 'Ada Pendaki Wafat di Gunung Lawu, Jalur Pendakian Ditutup Sementara!':

[Gambas:Video 20detik]




(isa/imk)