PKB Juga Sempat Dengar Isu Menteri Cuma Duduk Manis

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 07:26 WIB
Jazilul Fawaid
Jazilul Fawaid (Foto: MPR)
Jakarta -

Elite PDIP Andreas Hugo Pareira menyebarkan isu mengenai adanya menteri yang kerjanya hanya sekedar duduk manis. Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid sangat menyayangkan bila isu tersebut benar adanya.

"Tapi saya sangat menyayangkan jika ada menteri di mana kita sedang dalam keadaan kesulitan semua harus bekerja keras kok dia duduk manis," ujar Jazilul ketika dihubungi, Jumat (23/10/2020).

Jazilul menegaskan keputusan reshuffle ada di tangan Jokowi. Namun, ia menyarankan agar Jokowi mengganti menteri-menteri yang tidak mampu bekerja dengan baik.

"Kalau dia tidak mampu bekerja, masak dibiarkan oleh Presiden. Meskipun itu kewenangan Presiden kan harus tetap dalam batas-batas yang rasional. Kalau ada yang tidak bekerja baik karena tidak mampu atau sakit atau karena apa kan kalau dibiarkan terus kan juga wassalam," kata Jazilul.

Ketika ditanya mengenai isu adanya menteri hanya duduk manis, Jazilul tidak bicara banyak.

"Saya dengar (isu menteri hanya duduk manis), Cuma tidak etis lah (disebutkan)," imbuhnya.

Sebelumnya, Andreas menilai ada menteri yang tidak bekerja dengan maksimal. Andreas menyebut ada menteri yang hanya sekadar duduk manis, juga ada yang memang kurang paham terhadap apa yang seharusnya dikerjakan.

"Sementara yang seharusnya 'pasang badan' menghadapi publik ada yang duduk manis, ada yang sibuk dengan agendanya sendiri, ada juga yang mungkin kagok kurang paham masalah, jadi akhirnya tidak banyak berbuat, sekadar bussiness as usual," tegasnya.

Padahal, kata Andreas, Presiden Jokowi punya standar kepada para menterinya untuk bisa paham dan bekerja extraordinary. Hal tersebut kerap disampaikan oleh Jokowi.

"Sementara Presiden punya standar para menterinya untuk paham situasi extraordinary dan bekerja extraordinary di bidang tugasnya masing-masing. Nampaknya situasi seperti ini yang mungkin sedang terjadi," ucap Andreas.

(isa/imk)