Sekda Kota Bogor Dorong Disdagin Lebih 'Lincah' Tarik Dana Transfer

Abu Ubaidillah - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 19:59 WIB
Sekda Kota Bogor
Foto: Dok. Pemkot Bogor
Jakarta -

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mendorong Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bogor lincah bergerak menarik dana transfer untuk meningkatkan pendapatan dalam membiayai pembangunan di Kota Bogor.

"Tidak hanya Disdagin, saya minta ke beberapa perangkat daerah, coba lakukan koordinasi vertikal baik ke pusat maupun provinsi, koordinasinya lebih diintensifkan lagi. Tujuannya untuk menarik dana transfer ke kita. Kendala selalu ada, tetapi yang utama usaha dulu," ujar Syarifah dalam keterangan tertulis, Jumat (23/10/2020).

Pernyataan ini disampaikan saat rapat kerja di Ruang Informasi Disdagin Kota Bogor. Syarifah juga mengapresiasi upaya Disdagin yang rutin melaksanakan kegiatan pengawasan protokol kesehatan COVID-19 di sektor perdagangan dan perindustrian guna menjaga roda dan menumbuhkan perekonomian.

Seperti diketahui, pandemi COVID-19 yang terjadi memberi dampak cukup signifikan di berbagai sektor, tidak terkecuali sektor perdagangan dan industri yang mendapat pukulan dalam menjalankan bisnisnya.

"Mudah-mudahan Kota Bogor tetap bertahan di zona orange, syukur-syukur ke zona yang lebih baik, sehingga memberi keyakinan kepada pimpinan untuk memberikan kelonggaran bagi para pelaku perdagangan dan industri dalam menjalankan usaha bisnisnya yang imbasnya ekonomi akan berubah dan tumbuh baik hingga akhirnya bisa meningkatkan pendapatan. Ini menjadi harapan kita semua," harapnya.

Mengenai data perdagangan dan perindustrian yang dimiliki Disdagin Kota Bogor, ia meminta untuk dimasukkan ke dalam Bogor Data Web House di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor agar memudahkan bagi yang membutuhkan.

"Jika datanya detail, lengkap dan berkembang, tidak menutup kemungkinan akan memberi dampak positif. Contohnya Pikobar, karena mudah dan banyak yang mengakses, sehingga ada iklan atau reklame yang masuk ke situ. Ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdagin Kota Bogor, Ganjar Gunawan dalam rapat kerja tersebut memaparkan kegiatan dan program kerja tahun 2020 dan 2021 bersama persoalan dan kendala yang dihadapi jajarannya serta capaian yang telah diraih.

(akn/ega)