Alur Investigasi Bareskrim hingga Tetapkan Tersangka Kebakaran Kejagung

Kadek Melda - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 19:29 WIB
Bareskrim Polri ungkap penyebab awal kebakaran di gedung Kejagung. Polisi sebut penyebab awal kebakaran dari adanya lima tukang yang merokok di dalam ruangan.
Konferensi Pers Kebakaran Kejagung (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Polri menjelaskan serangkaian alur penyelidikan, penyidikan hingga penetapan tersangka kasus kebakaran Kejagung. Proses investigasi ini memerlukan waktu hingga 2 bulan.

Hasil penyidikan dan pengumuman tersangka itu disampaikan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2020). Polri menyampaikan ada delapan orang yang ditetapkan sebagai tersangka kasus kebakaran Kejagung.

"Kita tadi menetapkan delapan tersangka dalam kasus kebakaran ini karena kealpaannya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Berikut alur investigasi Bareskrim terkait kasus kebakaran Kejagung:

6 Kali Olah TKP

Setelah gedung utama Kejagung terbakar pada Sabtu (22/8) lalu, tim penyidik Bareskrim Polri langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Olah TKP dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Brigjen Ferdy Sambo yang dilakukan bersama tim gabungan dari Pulsabfor dan pegawai Kejagung.

"Kita melakukan penyelidikan yang pertama kita olah TKP dipimpin Dirtipidum Brigjen Sambo dibantu Kalabfor dari tim labfor Brigjen Khaidar dan pegawai kejaksaan. Sama-sama mulai ngelihat orek-orek di TKP bagaimana kebakaran, dari mana asalnya semua sama-sama dari lantai berapa, lantai 6 5 4 3 1," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Argo menuturkan, tim melakukan olah TKP sebanyak enam kali dengan menyisir semua lantai di gedung tersebut. Dari hasil olah TKP tim menemukan barang bukti antara lain abu, botol dan sisa kayu di lokasi kebakaran.

"Makanya pada saat melakukan olah TKP nggak satu kali sampe 6x. Karena lantai tinggi ada 6 lantai. Mulai lantai 5 sampai 1 dari tim Bareskrim sama Kejagung sama-sama dari Labfor mengambil sampel barang bukti abu kita sampaikan ke pegawai kejaksaan, ini pak kita ada barang bukti ini, kemudian masih ada yang belum terbakar, botol kemudian sisa-sisa kayu dan sebagainya," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3