NasDem: Anies Harus Temui Pekerja Ambulans, Situasi Genting

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 11:36 WIB
Politikus NasDem Nova Harivan Paloh dilantik jadi angora DPRD DKI Jakarta.
Foto: Nova Harivan Paloh (detikcom)
Jakarta -

Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta menyayangkan sikap Gubernur Anies Baswedan yang tidak menemui massa Perkumpulan Pekerja Ambulans Gawat Darurat (PP AGD) saat demo di depan Balai Kota kemarin. NasDem meminta Anies menemui para pekerja ambulans tersebut untuk mendengarkan aspirasi mereka.

"Pak Anies sendiri yang harus menemui mereka. Kami sangat menyayangkan. Semestinya ada perwakilan, kalau nggak pejabat sementara, sekda kan bisa mewakili. Malah justru yang lebih ini lagi Pak Anies yang menemui, duduk bersama. Apalagi mereka pekerja ambulans," kata Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Nova Harivan Paloh, Jumat (23/10/2020).

Nova mengingatkan para pekerja ambulans tersebut sangat dibutuhkan, apalagi di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Untuk diketahui, para pekerja ambulans berdemo karena adanya PHK yang dilakukan secara sepihak.

"Situasi lagi sangat genting menghadapi pandemi ini juga. Itu (ambulans) sangat dibutuhkan. Ambulans itu mobile 24 jam, kalau perlu jangan diputusin, tambah intensifnya lagi," tuturnya.

Sebelumnya, massa pegawai non-PNS dari PP AGD Dinkes DKI Jakarta berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui mereka. Massa pun membandingkan dengan tindakan Anies yang sempat menemui massa demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja dua pekan lalu.

"Pak Anies, kenapa massa demo omnibus law ditemui, kami tidak?" ujar salah satu orator di atas mobil komando di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10).

Massa dari PP AGD Dinkes DKI Jakarta itu melakukan unjuk rasa karena ada 3 orang pegawai yang di-PHK. Selain itu, 72 orang lainnya terancam PHK.

Namun, hingga aksi selesai Anies tidak kunjung menemui para pekerja ambulans tersebut. Dimintai penjelasan terpisah, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria lalu menjelaskan alasannya.

"Kan Pak Gubernur sedang ada acara yang pada saat bersamaan," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10).

Riza mengatakan Pemprov DKI tidak menghalangi pihak mana pun yang ingin berunjuk rasa. Namun, dia menyarankan, sebelum melakukan unjuk rasa, lebih baik melakukan tindakan persuasif dengan cara melakukan pertemuan terlebih dahulu.

Tonton video 'Tolak PHK Sepihak, Pekerja Ambulans Demo Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zak)