Jokowi: Pemda Bangun Optimisme Warga soal Penanganan COVID oleh Pemerintah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 09:50 WIB
Presiden Jokowi buka-bukaan soal UU Cipta Kerja.
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta daerah segera merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk penanganan pandemi virus Corona. Jokowi juga mengarahkan agar pemerintah daerah (pemda) membangun optimisme masyarakat terkait penanganan COVID-19.

"Saya juga meminta pemerintah daerah mempercepat realisasi APBD, terutama belanja bantuan sosial dan belanja modal, dan mengutamakan penyerapan produk dalam negeri," kata Jokowi melalui Twitter resminya, Jumat (23/10/2020).

"Selain itu, pemerintah daerah hendaknya membangun optimisme masyarakat terkait penanganan COVID-19 oleh pemerintah," katanya.

Jokowi mengatakan pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial kepada warga yang terdampak. Bantuan sosial ini beragam bentuknya.

"Untuk menjaga daya beli masyarakat, pemerintah telah menyalurkan berbagai skema program perlindungan sosial, dari PKH hingga Bansos Produktif," katanya.

Bantuan itu, kata Jokowi, diharapkan dapat meningkatkan konsumsi rumah tangga masyarakat.

"Dengan bantuan itu, saya berharap konsumsi rumah tangga semakin meningkat, menaikkan permintaan, dan mendorong tumbuhnya pasokan," lanjutnya.

Simak juga video 'Libatkan IDI, Pemerintah Masih Tunggu Izin BPOM Terkait Vaksinasi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/gbr)