Round-Up

Viral Pemobil Buang Sampah Dicari Polisi Akhirnya Serahkan Diri

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 07:41 WIB
Pengendara mobil yang membuang sampah di Kalimalang, Bekasi (tangkapan layar)
Pengendara mobil yang membuang sampah di Kalimalang, Bekasi (tangkapan layar)

Dalam aturan itu, pelaku dikenai sanksi sesuai pasal 18. "Barang siapa melanggar Pasal 7, Pasal 17 A, Pasal 17 B dan Pasal 17 C diancam pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan dan atau denda paling banyak Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah)," bunyi pasal 18.

Sebelumnya diberitakan, aksi pemobil membuang sampah di Kalimalang viral setelah salah satu warga merekam peristiwa itu. Dalam video yang beredar, tampak sebuah mobil minivan berwarna putih menepi di pinggir jalan.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto ikut angkat bicara soal viral pengendara mobil membuang sampah di Kalimalang, Bekasi. Tri Adhianto mengatakan pihaknya akan menindak tegas pelaku yang membuang sampah sembarangan.


"Saat ini masih didalami untuk titik lokasi (pembuangan seperti di) video tersebut karena menentukan wewenang kebijakan masing-masing wilayah antara Kota dan Kabupaten Bekasi dimana pasti akan ada tindakan tegas bagi mereka yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan dan mencemari lingkungan," tulis Tri di akun Twitter-nya, @mas_triadhianto, seperti dilihat detikcom pada Kamis (22/10).

Dalam video yang viral, pelaku berhenti di pinggir Kalimalang. Pengemudi menyalakan lampu hazard saat mobil tersebut berhenti. Kemudian, terlihat salah satu penumpang mobil itu melempar plastik besar diduga berisi sampah ke kali. Selama durasi video tersebut, tampak empat karung sampah dibuang.

Perekam video kemudian mengarahkan kameranya ke arah pelat mobil. Tertulis pelat mobil tersebut B-9338-FCC. Dalam narasi di video yang viral itu, kejadian itu berlangsung di Jalan Inspeksi Kalimalang.

Halaman

(mei/mei)