Round-Up

Jejak Nurhadi Jadi Tersangka hingga Diburu KPK Akhirnya Diadili

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 06:47 WIB
Eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi kembali diperiksa penyidik KPK. Nurhadi menjadi tersangka terkait suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA.
Eks Sekretaris MA, Nurhadi. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi duduk di kursi pesakitan. Dalam sidang perdana yang digelar virtual, pria yang buron 4 bulan ini didakwa menerima uang suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara di pengadilan tingkat pertama hingga peninjauan kembali (PK) sejumlah Rp 83 miliar.

Pantauan detikcom, sidang dimulai pukul 11.10 WIB di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Kamis (22/10/2020). Nurhadi tampak terbalut baju batik dan bermasker mengikuti sidang secara virtual. Agenda sidang perdana adalah pembacaan dakwaan.

Majelis hakim yang akan mengadili Nurhadi dipimpin oleh ketua majelis hakim Saefudin Zuhri, sedangkan yang duduk sebagai hakim anggota adalah Duta Baskara dan Sukartono.

"Sidang perkara tindak pidana korupsi atas nama terdakwa Nurhadi dan Rezky Herbiyono dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum," ujar hakim Saefuddin Zuhri.

Hakim Saefuddin kemudian menanyakan keadaan Nurhadi. "Alhamdulillah sehat yang mulia," jawab Nurhadi dan Rezky.

Hakim pun memeriksa identitas Nurhadi. Selanjutnya, jaksa KPK mulai membacakan surat dakwaan Nurhadi.

Nurhadi didakwa terkait kasus suap dan gratifikasi terkait penanganan perkara di MA Rp 83 miliar. Atas dakwaan jaksa, Nurhadi tidak mengajukan eksepsi (nota keberatan).

Berikut jejak Nurhadi jadi tersangka hingga diburu KPK akhirnya diadili:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6