Round-Up

Tiang Monorel Mangkrak Tahunan, Dewan Desak Pembongkaran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 05:47 WIB
Mangkraknya proyek monorel masih menyisakan tiang pancang di Jalan Rasuna Said, Jakarta, Rabu (25/10/2017). Nasib penggunaan tiang bekas monorel diserahkan kepada Pemprov DKI yang saat ini dipimpin Anies Baswedan.
Foto: Tiang monorel di Jakarta (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Tiang konstruksi proyek monorel di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, mangkrak terbengkalai sejak lama. Anggota dewan baik di DPR RI dan DPRD DKI Jakarta buka suara. Mereka mendesak tiang monorel mangkrak itu dibongkar.

Pembongkaran tiang monorel ini awalnya disuarakan oleh Ketua Fraksi PKB-PPP DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas. Dia meminta Pemprov DKI Jakarta untuk mencabut tiang monorel tersebut.

"Iya, lebih baik menurut saya itu dicabut. Fungsinya juga kurang maksimal," ujar Hasbi kepada wartawan, Rabu (21/10/2020).

Tiang monorel itu juga menurut Hasbi tak sedap dipandang. Sebab, bentuk konstruksi yang tak kunjung usai

"Betul itu (mengganggu pemandangan). Nah itu lebih baik dicabut andai kata dipakai juga pemakaiannya juga tidak akan maksimal," katanya.

Dia mendesak Pemprov DKI untuk mengevaluasi keberadaan tiang monorel tersebut. "Iya, paling tidak langkahnya Pemda itu harus mengevaluasi itu," ucap Hasbi.

Soal tiang monorel Jakarta mangkrak ini juga mendapat perhatian dari DPR RI. Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, meminta pemerintah mencopot tiang-tiang itu.

"Nah harusnya, kalau memang tidak ada program lagi untuk itu, ya, harusnya dibongkar," kata Lasarus saat dihubungi, Kamis (22/10/2020).

Lasarus menilai keberadaan tiang-tiang itu memakan badan jalan. Selain itu, tiang monorel mangkrak itu juga dinilai membahayakan keselamatan para pengguna jalan.

Tonton video 'Kata Warga DKI Soal Tiang-tiang Monorel yang Terbengkalai':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2