Menlu AS Kunjungi RI Pekan Depan: Kerja Sama Bilateral-Hadiri Acara Ansor

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 18:36 WIB
Menlu Retno Marsudi / Dok. Kemlu
Menlu Retno Marsudi (Dok. Kemlu)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan Menlu AS Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia pekan depan. Pertemuan tersebut akan membahas kerja sama antarnegara.

"Rencana kunjungan Menlu AS, Mike Pompeo ke Indonesia yang akan dilakukan insyaallah minggu depan," kata Retno, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Retno mengatakan saat ini pemerintah tengah melakukan sejumlah persiapan terkait kunjungan tersebut saat bertemu dengan Dubes AS untuk RI, Sung Y Kim. Ia menyebut Pompeo akan melakukan kerja sama bilateral dan hadir dalam kegiatan yang digelar Pemuda Ansor.

"Selain melakukan pertemuan bilateral dengan saya, Menlu Pompeo juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Ansor mengenai dialog agama dan peradaban," ucap Retno.

Retno mengatakan hubungan kedua negara makin intensif. Itu terlihat dari pejabat keduanya saling mengunjungi di tengah masa pandemi COVID-19. Diketahui, belum lama ini Menhan RI Prabowo Subianto mengunjungi AS.

"Wakil Menhan AS telah berkunjung ke Indonesia dan antara lain melakukan pertemuan dengan saya. Menhan RI telah berkunjung ke AS, Delegasi DFC (US International Development Finance Corporation) akan berkunjung ke Indonesia minggu ini, dan Secretary Pompeo akan berkunjung ke Indonesia minggu depan," tuturnya.

"Saya yakin pembicaraan bilateral saya dengan Secretary Pompeo akan berjalan dengan baik, dan sekali lagi dapat memperkokoh hubungan bilateral kita dengan AS," imbuhnya.

(yld/jbr)