Libur Cuti Bersama, Polda Metro Imbau Warga Tak Keluar Kota Cegah Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 18:15 WIB
Ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terpantau ramai lancar. Volume kendaraan meningkat jelang libur Tahun Baru Islam
Volume kendaraan di Tol Cikampek meningkat. (Agung Pambudhy/detikcom)

Sementara itu, Sambodo mengatakan pihaknya menyiapkan 200 personel yang akan melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas. Personel ditempatkan di titik-titik rawan macet.

"Untuk personel kita tempatkan 200 personel setiap harinya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi timbulnya kepadatan di sejumlah titik saat liburan panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28-30 Oktober nanti. Budi meminta warga tak pergi liburan pada waktu yang bersamaan.

"Kami memprediksi puncak arus kendaraan akan terjadi pada 28 Oktober. Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin berlibur agar jangan bertumpu di satu hari tersebut, untuk mencegah kepadatan yang berpotensi rawan terjadi penularan. Atur perjalanan Anda dengan baik," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Kamis (22/10).

Budi Karya mengatakan kepadatan akan terjadi di tiga wilayah, yakni jalan dari arah Jakarta menuju ke arah timur (Jawa Barat, Tengah, dan Timur), kapal penyeberangan ke arah Sumatera, dan ketiga di bandara.


(mea/fjp)