Tiang Monorel di Jakarta Mangkrak, Wagub Pastikan Pemprov Segera Cari Solusi

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 14:40 WIB
Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Tiang konstruksi monorel di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, mangkrak bertahun-tahun. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan mencari solusi terbaik mengenai konstruksi tiang monorel tersebut.

"Ya nanti kita akan carikan solusi yang terbaik. Memang ini kan sudah sejak lama dibangun, sudah jadi tiang di beberapa tempat, di koridor Rasuna, kemudian di Senayan," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2020).

Meski demikian, Riza mengaku tidak mengetahui secara detail mengenai asal mula proyek tersebut. Dia mengatakan akan meminta data terlebih dahulu kepada dinas terkait.

"Ya, saya sampai hari ini, saya sebagai wagub selama ini belum pernah mendengar penjelasan tiang monorel yang di Rasuna. Belum pernah mendapat laporan dan belum tahu ke depannya gimana, kalau memang ditanya, nanti akan saya tanyakan ke Dinas Perhubungan ya. Jadi posisinya seperti apa, bagaimana dulu ceritanya dan ke depan bagaimana, nanti saya tanyakan," ucapnya.

Riza mengatakan pihaknya belum bisa memutuskan apakah akan mencabut tiang monorel itu atau tidak. Pemprov DKI harus membahasnya terlebih dulu di lingkungan internal.

"Nanti akan minta laporan dinas perhubungan atau yang mengetahui sejarahnya seperti apa, dulunya seperti apa, dulu kenapa, bagaimana, dan nanti kiat akan diskusikan di internal. Masukan-masukan nanti saya akan laporkan ke gubernur," sebut Riza.

"Prinsipnya semua kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh jajaran sebelumnya atau pimpinan sebelumnya kita akan sinergikan, kita akan carikan solusinya," sambung politikus Gerindra itu.

Diketahui, proyek monorel Jakarta ini dimulai sejak era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso alias Bang Yos. Pembangunan pertamanya diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 14 Juni 2004.

Tiang-tiang monorel di Jalan HR Rasuna Said sekarang tidak terpakai meskipun ada proyek pembangunan LRT Jabodebek. Proyek tersebut sejatinya akan digunakan untuk rute Cawang-Dukuh Atas.

PT Adhi Karya selaku kontraktor proyek LRT Jabodebek lebih memilih membangun tiang baru di tengah jalan HR Rasuna Said, terpisah dari lokasi tiang bekas monorel yang berada lebih ke pinggir jalan, tepatnya di sekitar pembatas jalur cepat dan jalur lambat.

Kondisi Tiang Monorel Jakarta yang Mangkrak 16 Tahun:

[Gambas:Video 20detik]



(man/elz)