Singkirkan Limbah Zat Radioaktif, Batan Angkut 906 Drum dari Perumahan Batan Indah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 13:52 WIB
Wilayah Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) ditemukan paparan radioaktif, Sabtu (15/2/2020). Kondisi di titik paparan radioaktif masih dibatasi menggunakan garis perimeter.
Lokasi penemuan limbah zat radioakrif di Perumahan Batan Indah, Tangsel (Grandyos Zafna/detikcom)

Anhar mengatakan pihaknya masih menunggu waktu untuk menkonveksi limbah radioaktif itu. Dia menyebut limbah tersebut masih disimpan di shelter.

"Kita akan tunggu, kemudian kita akan nanti setelah memungkinkan kita akan konveksi supaya mereduksi volumenya. Karena itu memakan luar biasa sehingga kami harus membuat shelter baru untuk menampung area yang datang dari lokasi itu," tutur dia.

Proses pembersihan, kata Anhar, selesai pada awal September. Di lokasi penemuan juga dilakukan pembetonan agar lebih aman jika digunakan warga untuk beraktivitas.

"Penyelesaian dekontaminasi sendiri sudah selesai pas saat Tangsel memberlakukan PSBB. Saat itu kami berhentikan dulu, baru kemudian setelah mendapatkan izin untuk meremediasi. Hasil rapat tempat yang kita remediasi kita tutup juga dengan beton. Itu untuk pertimbangan supaya lebih aman saja. Akhirnya kita selesaikan awal September dan alhamdulillah hari ini akan dideklarasikan bahwa daerah itu akan aman," katanya.

Halaman

(lir/imk)