Bapeten Pastikan Perumahan Batan Indah Aman dari Paparan Zat Radioaktif

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 12:29 WIB
2 Warga Kena Radioaktif, Begini Suasana Terkini di Perumahan Batan Indah
Lokasi ditemukan zat radiokatif di Perumahan Batan Indah (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (Bapeten) menyatakan Perumahan Batan Indah, Tangerang ,Selatan telah clear atau aman dari paparan zat radioaktif. Bapeten mengatakan petugas telah selesai melakukan dekontaminasi.

"Sumber radioaktif pencemar, yaitu cesium-137 tanah dan vegetasi yang tercemar, telah diambil dan disimpan di fasilitas limbah radioaktif Batan. Pengerukan dan sementasi lokasi terkontaminasi telah mencapai nilai paparan normal dan lokasi ini telah dinyatakan aman untuk masyarakat beraktivitas sehari-hari," kata Kepala Bapeten Jazi Eko Istiyanto melalui akun YouTube Bapeten, Kamis (22/10/2020).

Jazi mengatakan penemuan zat radioaktif di Perumahan Batan Indah pada Februari lalu membuktikan teknologi canggih dan detektor nuklir sangat diperlukan serta didukung oleh sumber daya manusia (SMD) yang memadai.

"Penemuan kasus ini membuktikan kepada kita semua bahwa detektor nuklir dan teknologi canggih sangat berperan penting dalam rangka mendukung fungsi pengawasan yang dilakukan Bapeten. Selain tentunya sumber daya manusia memadai. Untuk itu, Bapeten berupaya selalu meningkatkan kemampuan pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir melalui peningkatan kompetensi personel," tuturnya.

Radiasi nuklir, kata Jazi, tidak bisa dirasakan oleh pancaindra, sehingga pihaknya akan terus meningkatkan peralatan detektor nuklir.

"Mengingat radiasi tidak dapat dilihat mata telanjang, tidak dapat dicium, tidak dapat dirasa pancaindra, dan hanya bisa dideteksi dengan detektor nuklir, maka peralatan deteksi berteknologi tinggi sangat krusial dalam pengawasan nuklir. Bapeten bekerja sama dengan Batan telah melakukan tanggap semaksimal mungkin dengan pembersihan lokasi yang terkontaminasi radioaktif untuk mencegah masyarakat terkena dampak paparan radiasi," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2