Bapeten Pastikan Perumahan Batan Indah Aman dari Paparan Zat Radioaktif

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 12:29 WIB
2 Warga Kena Radioaktif, Begini Suasana Terkini di Perumahan Batan Indah
Lokasi ditemukan zat radiokatif di Perumahan Batan Indah (Rahel/detikcom)

Sementara itu, Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan masyarakat bisa melakukan aktivitas di Perumahan Batan Indah dengan tenang. Dia juga mengapresiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Bapeten, serta Pemkot Tangerang Selatan.

"Hari ini tentu hari yang melegakan kita semua, khususnya warga Tangerang Selatan, lebih khusus lagi warga di Perumahan Batan Indah. Jadi ketika ada berita mengenai paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, pasti yang akan merasa tidak tenang dan merasa gelisah adalah warga yang tinggal di situ," kata Bambang dalam sambutannya.

"Saya berterima kasih kepada Batan, Bapeten, dan didukung penuh oleh Ibu Wali Kota (Airin Rachmi Diany) segera melakukan upaya melakukan pembersihan dari radioaktif tersebut. Saya apresiasi Bapetan dengan peralatan yang dimiliki bisa mendeteksi secara cepat," imbuhnya.

Bambang menyebut proses dekontaminasi memang dilakukan dalam beberapa bulan. Dia berpesan agar tidak terjadi lagi peristiwa yang sama.

"Saya sampaikan apresiasi pada petugas Bapeten, Batan, dan Pemkot Tangsel yang dalam kurun waktu yang cukup panjang akhirnya sampai pada tahapan kali ini, yaitu kita bisa menyatakan clearance atau daerah itu sudah aman untuk dilalui untuk dipakai kebutuhan warga. Mudah-mudahan ini dijaga terus dan sebaik-baiknya," kata dia.

Wali Kota Tengsel Airin mengucapkan terima kasih kepada Bapeten dan Batan karena telah melakukan langkah cepat. Airin menyebut setiap peristiwa pasti ada hikmahnya.

"Dekontaminasi dilakukan sangat luar biasa. Terima kasih kepada Kepala Batan, Kepala Bapeten, Puspiptek, semuanya, dan kemarin sempat berhenti karena kami memberlakukan PSBB tiba-tiba ada lagi kejadian, yaitu COVID-19. Alhamdulillah remediasi telah dilakukan begitu cepat dan deklarasi hari ini dalam rangka clearance. Terima kasih banyak tentu ini menjadi suatu hal yang kita menyelesaikan persoalan secara tuntas," kata Airin.

Halaman

(lir/imk)