SIDAK 21 Oktober: 4 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 22:02 WIB
Sejumlah bioskop di Ibu Kota mulai buka seiring dengan keluarnya surat keputusan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka boleh buka dengan syarat menerapkan sejumlah protokol.
Bioskop kembali dibuka (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Dibukanya bioskop di Jakarta mulai hari ini menjadi berita terpopuler. Banyak masyarakat meluapkan kangennya untuk nonton di bioskop. Selain itu, berita populer lainnya juga diisi oleh kisah inspiratif bocah penjual es lili di Bali.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'SIDAK!: 21/10/2020 NARUTO MENINGGAL? AKANKAH HINATA JADI JANDA?' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 4 berita terpopuler hari ini:

1. Naruto trending Twitter, fans Indonesia sesumbar pengajian 3 harian

Naruto Uzumaki tiba-tiba saja menjadi perbincangan netizen Indonesia di Twitter. Karakter yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto itu trending nomor satu sejak siang hari ini, Rabu (21/10/2020).

Dilihat dari jagat maya Twitter Indonesia, lebih dari 90,2 ribu pencinta Naruto yang berkicau. Posisi trending teratas bersanding dengan hastag #JaksaGakAdaAkhlak dan Chris Pratt. Salah seorang netizen Indonesia membuat komentar mengenai kabar kematian Naruto.

"Suasana pengajian 3harian Naruto. Lokasi konoha," cuitnya disertai foto suasana pengajian khas Indonesia, lengkap dengan nasi berkat.

"Serius loh, dia emang ga nyata, tapi buat gue dia ngajarin banyak hal tentang kehidupan, dia tokoh anime favorit dari gue kecil sampe sekarang, kesabaran, keihklasan, perjuangan, loyalitas, ahh banyak hal lagi tentang dia, sedih banget kalo beneran mati ): ahhh Naruto ):," kicau @_hans******.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun..Telah meninggal Uzumaki Naruto bin minato namikaze. Yallah ampuni dia semasa hidupnya make qodam musang ekor sembilan," cuit @Khv****.

2. Hari pertama bioskop buka di Jakarta, rasa kangen penonton terobati

Bioskop di Jakarta kembali di buka mulai hari ini. Masyarakat pun menyambut baik. Mereka meluapkan rasa kangennya untuk nonton di bioskop.

Seorang pengunjung bernama Yola (35) mengaku sudah lama menanti pembukaan bioskop sejak Februari 2020. Dia memutuskan datang di hari pertama karena sudah tidak sabar dan hendak mengobati rasa kangen menonton di bioskop.

"Alasannya karena sudah lama banget, sudah dari bulan Februari ya kayaknya. Terus sudah kangen saja pengin nonton di bioskop, dulu sebelum PSBB, sebelum ada Corona hampir tiap minggu itu jadi langganan untuk melepaskan beban atau stres dari kerjaan," kata Yola saat ditemui di CGV Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2020).

Yola mengaku tidak kesulitan mengikuti protokol kesehatan di bioskop. Menurutnya, pembelian tiket dan makanan secara online malah justru semakin memudahkannya.

"Tapi karena online begini ngisi-ngisinya gampang saja sih, nggak harus nulis langsung scan barcode saja tadi, gampang-gampang saja semua," ungkap Yola.

Hal senada diungkapkan Yose Rizal (40). Warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, itu mengaku sudah lama menunggu untuk bisa menonton film di bioskop meski tetap ada kekhawatiran dalam situasi pandemi.

"Iya kekhawatiran tetap ada, cuma ya karena memang saya sudah nunggu lama pengin ke bioskop sudah 8 bulan ditambah saya juga baca artikel yang mengatakan cukup aman ya di bioskop aman untuk nonton," ungkap Rizal.

3. Jualan es lilin sampai malam, kisah bocah di Bali menginspirasi

Kisah inspiratif kembali datang dari bocah penjual makanan. Kali ini ada bocah di Bali yang jualan es lilin sampai malam hari.

Bocah penjual makanan atau minuman kerap menarik perhatian karena kisahnya yang inspiratif. Mereka rela jualan di bawah teriknya matahari ataupun hingga malam hari untuk membantu perekonomian keluarganya.

Seperti yang dilakukan oleh Kadek Agus, bocah penjual es lilin di Bali yang belakangan ini viral. Kisahnya lantas diunggah akun Instagram @denpasar.viral (19/10).

Kadek Agus sangat menginspirasi karena tetap semangat berjualan es lilin walaupun sampai malam hari. Netizen yang membagikan kisah Kadek Agus ini bertemu di sekitar By Pass Dharma Giri Gianyar, Bali.

"Nih nemu pedagang es lilin anak-anak. Malam-malam jualan es lilin," ujar pengunggah video.

"Ada anak kecil jualan es lilin di By Pass Dharma Giri malam-malam," lanjutnya.

Es lilin yang dijualnya punya aneka rasa dengan warna yang menarik selera. Satu buah es lilinnya dijual murah, hanya Rp 1.000. Bocah penjual es lilin ini masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Di usianya yang masih muda, harusnya ia di rumah bermain bersama teman dan belajar.

Tapi karena keterbatasan ekonomi, Kadek Agus harus berjualan es lilin untuk membantu orang tuanya. Uang hasilnya berjualan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

4. Emak-emak terobos lampu merah hajar 2 bikers lagi wheelie

Sebuah insiden kecelakaan lalu lintas terjadi di perempatan lampu merah. Seorang pengendara motor perempuan menerobos lampu merah dan menabrak dua pengendara motor trail, yang sedang melakukan aksi wheelie (mengangkat ban depan).

Seperti tampak dalam video unggahan akun Instagram @infocegatankaranganyar, peristiwa itu terjadi di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (19/10/2020).

Menurut keterangan dalam video tersebut, saat lampu traffic menunjukkan indikator warna hijau, dua bikers yang mengendarai motor jenis dual purpose itu mengambil ancang-ancang untuk melakukan aksi wheelie. Tepat setelah melewati garis zebra cross, mereka berdua langsung mengangkat kedua ban depan motornya.

Namun apes, saat kedua bikers itu melakukan aksi wheelie, tiba-tiba dari samping kanan melaju seorang pengendara motor dengan kecepatan cukup tinggi. Tanpa bisa mengurangi kecepatan kendaraannya, ia pun langsung menabrak dua bikers pengendara trail tersebut.

Singkat cerita, ternyata pengendara motor yang menabrak itu merupakan seorang bikers wanita yang sengaja menerobos lampu merah. Dan ia sepertinya tidak menyadari jika di depannya ada kendaraan yang sedang melintas, terlihat dari laju kendaraan yang tidak melambat sedikit pun.

(eva/knv)