24 Mahasiswa Diamankan Saat Demo di Istana Bogor, Polisi: Sudah Dipulangkan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 12:39 WIB
Mahasiswa Demo di Istana Bogor
Mahasiswa berdemo di sekitar Istana Bogor. (M Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Ada 24 mahasiswa yang diamankan saat melakukan demonstrasi di sekitar Istana Bogor, kemarin. Polisi mengaku telah memulangkan para mahasiswa tersebut.

"Betul, (ada) 24 orang (yang diamankan kemarin). (Para pendemo itu) didata, (lalu) dipulangkan aja. Itu aja," ujar Paur Humas Polres Bogor Kota Ipda Rachmat Gumilar saat dihubungi, Rabu (21/10/2020).

Rachmat menjelaskan 24 mahasiswa tersebut dipulangkan tadi malam. Sebelum dipulangkan, para mahasiswa itu juga sempat dibina.

Bukan tanpa alasan puluhan mahasiswa tersebut diamankan. Rachmat menyebut mereka yang diamankan diduga menjadi provokator.

"(Mereka diamankan karena) diduga memprovokasi aja, gitu ya. (Demo kemarin) itu kan aksi damai. Cuma kan dari pihak kepolisian mengimbau karena waktunya (berunjuk rasa) sudah lama, waktunya sudah habis, ya. Sudah pukul 18.00 WIB, ini pukul 19.00 WIB (massa) masih bertahan, gitu aja," tandas Rachmat.

Sebelumnya, sekelompok mahasiswa mendatangi Istana Bogor untuk melakukan aksi memperingati satu tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin, Selasa (20/10) sore. Aksi demonstran dibubarkan paksa petugas karena sudah melewati pukul 18.00 WIB.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini mulai datang sekitar pukul 17.30 WIB atau satu jam setelah Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga masuk ke Istana Bogor dan bertemu Presiden Jokowi.

Polisi dan mahasiswa yang melakukan negosiasi agar aksi dihentikan tidak menemukan hasil. Mahasiswa berkeras tetap ingin menyampaikan aspirasinya. Hingga akhirnya, polisi terpaksa membubarkan paksa mahasiswa.

Mahasiswa yang sudah tertekan kemudian berlarian menyelamatkan diri dari petugas. Belasan mahasiswa terpaksa diamankan karena dianggap melanggar batas waktu penyampaian aspirasi.

"Ada beberapa pendemo yang kita amankan. Ini kan karena mereka melanggar batas waktunya, kan sampai jam 18.00 WIB. Mereka tidak bubar, ya kita bubarkan," kata Kabag Ops Polresta Bogor Kota Kompol Prasetyo Purba.

(zak/zak)