Massa Bubar, Kabareskrim-Kapolda Metro-Pangdam Jaya Sisir Lokasi Demo

Fari - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 18:57 WIB
Kabareskrim, Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya menyisir lokasi demo Patung Kuda
Kabareskrim, Kapolda Metro Jaya, dan Pangdam Jaya menyisir lokasi demo Patung Kuda. (Lukman/detikcom)
Jakarta -

Massa demo di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, telah membubarkan diri. Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyisir lokasi.

Pantauan detikcom, Selasa (20/10/2020), sekitar pukul 18.15 WIB, ketiganya berada di sekitar Patung Kuda. Setelah massa bubar, ketiganya melakukan penyisiran menuju Jalan MH Thamrin.

Mereka berjalan kaki dengan diikuti sejumlah anggota polisi dan TNI. Penyisiran kali ini untuk memastikan bubarnya massa demo dilakukan secara aman dan tertib.

Setelah Sigit, Nana, dan Dudung melakukan penyisiran, lalu lintas di Jalan MH Thamrin langsung dibuka. Terlihat kendaraan sudah bisa melintasi Jalan MH Thamrin. Selain itu, Jalan Medan Merdeka Barat sudah dibuka kembali.

Seperti diketahui, siang tadi massa dari BEM SI melakukan aksi unjuk rasa di Patung Kuda. Mereka menyuarakan atas penolakan omnibus law UU Cipta Kerja.

Sekitar pukul 16.40 WIB, massa mahasiswa memutuskan membubarkan diri. Bubarnya mahasiswa membuat massa remaja merangsek ke dekat kawat duri.

Sempat terjadi provokasi dan lempar batu saat itu. Namun aksinya berhasil diredam setelah sejumlah personel Marinir membujuk massa remaja ini bubar dan mengantarkan pulang ke titik aman.

(fas/man)