Nizar Ali Jabat Sekjen Kemenag, Kursi Dirjen PHU Kosong

Ilman Nafi'an - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 16:43 WIB
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali
Sekjen Kemenag Nizar Ali (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) hari ini melantik Nizar Ali sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

"Iya (Nizar Ali dilantik jadi Sekjen Kemenag)," ujar Zaniut saat dihubungi, Selasa (20/10/2020).

Zainut menjelaskan pemilihan Sekjen Kemenag dilakukan oleh tim penilai akhir yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, Menteri Agama Fachrul Razi juga ikut ke dalam tim penilai.

"Yang memberikan penilai kan, tim penilai kan ya, tim penilai itu dari mulai ada dari tim penilai akhir itu langsung dipimpin oleh Presiden," katanya.

Sejumlah pejabat Kemenag turut mengikuti tahapan seleksi sebagai Sekjen Kemenag, mulai Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin. Selain itu, ada juru bicara Kemenag Oman Fathurahman, yang juga ikut mendaftar sebagai Sekjen Kemenag.

Jabatan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU) Kemenag, yang sebelumnya dijabat Nizar, kini kosong. "Iya, sementara (jabatan Dirjen PHU) kosong," kata Zainut.

Jabatan Sekjen Kemenag sebelumnya dijabat oleh Nur Kholis. Dia kemudian dibebastugaskan karena dianggap melanggar prosedur dengan menunjuk dirinya sendiri sebagai Plt Dirjen Bimas Katolik Kemenag. Jabatan Plt Sekjen Kemenag kemudian diisi oleh Nizar Ali.

(man/fjp)