Kemenag Pasok Materi Khotbah Jumat Lewat Cara Digital

Ilman Nafi'an - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 12:30 WIB
Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin
Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) tengah memperhatikan materi khotbah Jumat yang selama ini disampaikan. Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan pihaknya akan menyesuaikan materi khotbah Jumat sesuai dengan perkembangan zaman.

"Saat ini diperlukan materi khotbah Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman," ujar Kamaruddin melalui keterangan tertulisnya, Selasa (20/10/2020).

Kamaruddin mengatakan hal itu juga masuk dalam Rencana Strategis (Renstra) Ditjen Bimas Islam Kemenag. Menurutnya, penyajian materi khotbah Jumat harus mencerdaskan masyarakat.

Nantinya, materi khotbah Jumat itu akan dikirim melalui laman https://simbi.kemenag.go.id/. Semua materi khotbah Jumat yang ada di situs tersebut gratis untuk masyarakat.

Lebih lanjut Kamaruddin mengatakan pengiriman materi khotbah Jumat ke http://simbi.kemenag.go.id/ bertujuan untuk memberikan literasi digital kepada pemuka agama atau masyarakat sehingga tujuan mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama dapat tercapai.

Kamaruddin menerangkan Kemenag juga telah menerbitkan pembaruan buku ajar, pembentukan pokja moderasi beragama, dan penyusunan buku moderasi beragama. Selain itu, pembinaan penceramah berwawasan kebangsaan telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas para pemuka agama.

(man/fjp)