Polisi Putuskan Kasus Dugaan Politik Uang Danny Pomanto 14 Hari ke Depan

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 12:09 WIB
Danny Pomanto jadi saksi sidang gugatan eks camat-lurah ke Pj Walkot Makassar (Amang-detikcom)
Danny Pomanto (Foto: dok. detikcom)
Makassar -

Penyidik dari Polrestabes Makassar telah memeriksa calon Wali Kota Makassar Ramdhan (Danny) Pomanto sebagai saksi dalam kasus dugaan politik uang. Polisi akan memutuskan kasus tersebut dalam 14 hari kerja ke depan.

"Kan kemarin sudah dilakukan pemanggilan, sudah dilakukan pemeriksaan terhadap Pak DP, diperiksa dalam kategori sebagai saksi," kata Kasubag Humas Polrestabes Makassar Kompol Edy Supriady kepada detikcom, Selasa (20/10/2020).

Menurut Kompol Edy, pemeriksaan Danny pada Senin (19/10) masih sebatas klarifikasi. Sebab, pihak terlapor dalam kasus ini merupakan seseorang anggota tim kampanye pasangan calon Danny-Fatma.

"Masih diklarifikasi dulu karena yang terlapor kan namanya Amir, tapi kan Pak Amir ini kan timnya," imbuh dia.

Berdasarkan aturan Gakkumdu, proses pemeriksaan di kepolisian setelah dilimpahkan dari Bawaslu akan berjalan selama 14 hari kerja.

"14 hari kerja, kan masih saksi, jadi 14 hari ke depan. Kemudian proses ini kan masih dalam tahap itu, pemeriksaan saksi, termasuk saksi ahli bahasa dan ahli pidana," ungkapnya.

"Intinya begini, kalau ini kan sudah pemeriksaan, sudah diperiksa, sudah dari Bawaslu. Ini penyerahan dari Bawaslu karena diduga ada tindak pidana," imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, Danny memenuhi panggilan polisi soal dugaan politik uang di Pilwalkot Makassar. Danny dicecar 17 pertanyaan oleh polisi terkait dugaan politik uang.

"Hari ini memang benar Pak Danny Pomanto sebagai salah satu pasangan calon di Pilwalkot Makassar itu dipanggil oleh pihak kepolisian," ujar kuasa hukum Danny Pomanto, Ahmad Riyanto, dalam keterangannya kepada wartawan di Makassar, Senin (19/10).

(tfq/nvl)