Pertamina Beri Bantuan Masker & Face Shield ke Kolinlamil TNI AL

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 22:17 WIB
Pertamina peduli
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III mendistribusikan bantuan masker dan face shield untuk Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut (AL). Masker dan face shield tersebut merupakan hasil produksi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mitra binaan Pertamina.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Integrated Terminal Manager Jakarta Bayu Prostiyono kepada Kepala Staf Komando Kolinlamil Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bantuan yang terdiri dari 5.000 masker 3 ply berlapis kain hazmat, dan 2.500 face shield itu akan digunakan oleh personil Kolinlamil dalam bertugas.

Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR III Eko Kristiawan mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud sinergi antara Pertamina dengan TNI AL untuk membantu mencegah penularan COVID-19 di lingkungan TNI AL.

"Kami berharap anggota TNI AL dapat melaksanakan tugas bela negara dengan aman, sehingga mampu menjaga keamanan dengan optimal," ujar Eko dalam keterangan tertulis, Senin (19/10/2020).


Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan mengapresiasi dukungan Pertamina kepada Kolinlamil untuk menjalankan tugas di masa pandemi.

"Terima kasih atas dukungan dari Pertamina agar tugas rekan-rekan TNI AL di lapangan tetap berjalan dengan aman dan lancar," kata Dwika.

Eko menambahkan pihaknya turut memberdayakan UMKM yang tergabung sebagai mitra binaan Pertamina. Mitra binaan yang memiliki usaha menjahit dan konveksi dikerahkan untuk memproduksi APD seperti masker dan face shield.

"Di tengah kondisi saat ini Pertamina turut mendorong keberlangsungan kegiatan UMKM, agar selalu punya optimisme dan keyakinan untuk bangkit dari pandemi. Salah satunya dengan melibatkan mitra binaan kami untuk ikut serta memproduksi masker dan face shield yang kami salurkan untuk bantuan penanggulangan COVID-19," imbuh Eko.

Eko mengatakan program kemitraan Pertamina menjadi salah satu upaya menggerakkan ekonomi masyarakat melalui pembinaan usaha kecil dan mikro, serta memberdayakan masyarakat. Adapun syarat bagi UMKM yang ingin bergabung menjadi mitra binaan Pertamina yaitu usaha mikro berbentuk badan usaha perseorangan yang telah berjalan minimal 6 bulan, milik WNI, dan memiliki kekayaan bersih maksimal Rp 500 juta.

(mul/ega)