Danny Pomanto Diperiksa, Pendukung ADAMA Geruduk Polrestabes Makassar

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 18:56 WIB
Wali KOta Makassar, Sulawesi Selatan, Ramdhan Pomanto
Danny Pomanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Makassar -

Calon Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto hari ini diperiksa polisi soal dugaan politik uang di Pilwalkot Makassar. Para pendukung eks Wali Kota Makassar itu pun sempat 'menggeruduk' Kantor Polrestabes saat Danny diperiksa.

Peristiwa itu diungkapkan Ketua Harian Gerindra Sufmi, Dasco Ahmad. Gerindra merupakan partai pengusung Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA). Dasco mengatakan, para pendukung ADAMA sempat menyambangi Polrestabes Makassar siang ini untuk mengawal Danny Pomanto.

"Pada hari ini pendukung ADAMA, pasangan Danny Pomanto dan Fatma mendatangi Poltabes Kota Makassar sehabis Danny Pomanto diperiksa karena dugaan money politics," kata Ketua Harian Gerindra Sufmi, Dasco Ahmad kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Dasco pun meminta para pendukung ADAMA untuk tetap tenang. Dia meminta para pendukung ADAMA untuk mengikuti proses hukum yang ada.

"Kami mengharapkan pendukung ADAMA yang diusung Partai Gerindra dan NasDem untuk tetap tenang. Ikuti proses hukum dengan baik," ujarnya.

Pendukung Danny Pomanto geruduk Polrestabes Makassar (Tangkapan layar dok. Istimewa)Pendukung Danny Pomanto geruduk Polrestabes Makassar (Tangkapan layar dok. Istimewa)

Dasco meyakini Danny Pomanto dan Fatma tidak bersalah dan hanya menjadi korban kriminalisasi. Dia juga meminta agar pihak kepolisian berlaku netral dalam menangani kasus ini.

"Karena kami yakin kalau paslon tersebut tidak bersalah dan korban kriminalisasi oleh pihak-pihak yang tidak ingin pasangan Danny Pomanto dan Fatma menang. Sekali lagi kami minta juga kepada pihak kepolisian untuk berlaku netral dalam memproses perkara ini," tutur Dasco.

Kedatangan pendukung ADAMA itu juga terekam dalam video. Dalam video yang beredar, tampak massa berkerumun di depan kantor Polrestabes Makassar. Mereka terlihat menyambut Danny Pomanto yang telah selesai diperiksa.

Seperti diketahui, Danny Pomanto hari ini diperiksa polisi terkait dugaan politik uang di Pilwalkot Makassar. Dugaan itu sebelumnya dilaporkan rivalnya, Munafri Arifuddin-Rahman Bando ke Bawaslu yang kemudian diteruskan ke polisi.

(mae/tor)