Perjalanan Richard Muljadi di Kasus Kokain hingga Divonis 1,5 Tahun Bui

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 08:06 WIB
Richard Muljadi menjalani sidang vonis di PN Jakarta Selatan. Setelah dua kali ditunda, hakim mengetok palu dengan vonis hukuman 1,5 tahun penjara untuk Richard
Richard Muljadi saat menjalani persidangan. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Sosok pria mirip Richard Muljadi joging di Bali dengan pengawalan mobil Patroli Jalan Raya (PJR), viral di media sosial. Sebenarnya siapa sosok Richard Muljadi ini? Dia pernah ditangkap tim yang dipimpin Kombes Herry Heryawan.

Flashback lagi ke peristiwa 2018, Richard Muljadi saat itu ditangkap di dalam toilet Restoran Vong di kawasan SCBD Jakarta Selatan, pada Rabu (22/8/2020) dini hari. Richard diduga telah mengisap kokain yang disimpannya di atas layar ponsel iPhone X dan dolar Australia.

Secara kebetulan saat itu, perwira menengah Kombes Herry Heryawan atau biasa dipanggil Herrimen berada di restoran yang sama dengan Richard. Saat itu Herry Heryawan sedang mengikuti Pendidikan Sespimti Polri tahun 2008.

Polisi yang kini menjabat sebagai Direktur Penindakan Detasemen 88 Antiteror Polri, saat itu cukup lama menunggu pria yang ada di dalam toilet tersebut untuk keluar.

Tidak lama kemudian, pria tersebut--yang belakangan diketahui sebagai Richard Muljadi--keluar meninggalkan toilet.

"Jadi setelah keluar dari kamar mandi dan Pak Herrimen menemukan bahwa di atas handphone di layar itu ada serbuk putih di sana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Mengetahui hal itu, polisi yang pernah menangkap John Kei dan Hercules ini kemudian menginterogasi singkat Richard dan mengamankan barang bukti tersebut. Herrimen, yang juga pernah mengungkap 1 ton sabu itu kemudian meminta bantuan tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk mengamankan Richard. Saat itu ditemukan sisa sabu seberat 0.038 gram.

"Karena yang bersangkutan seorang reserse, dia mengetahui dan dibawa barbuk tersebut. Kemudian setelah dibawa ke Polda, kemudian diserahkan kepada Direktorat Narkotika," lanjut Argo.

Tonton juga 'Heboh! Pria Diduga Richard Muljadi Joging Dikawal Mobil PJR Bali':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3