Ambulans Terseret Rusuh

Aturan Dunia: Ambulans Tidak Boleh Diserang Meski Perang

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 09:54 WIB
Ambulans di Perang Dunia I (Creative Commons/CC BY 4.0/Wellcome Collection)
Ambulans di Perang Dunia I (Creative Commons/CC BY 4.0/Wellcome Collection)

Berikut adalah aturan dalam Protokol Tambahan pada Konvensi Jenewa IV Tahun 1949 dan yang berhubungan dengan perlindungan korban pertikaian bersenjata internasional dan bukan internasional, dikutip dari hasil susunan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, 2003:

Dalam Konvensi Jenewa IV Tahun 1949, Protokol II, 12 Agustus 1949, ada Pasal 11 dalam Bab III (Yang Luka, Sakit, dan Korban Karam) dengan bunyi sebagai berikut:

Pasal 11: Perlindungan bagi satuan-satuan dan alat angkutan kesehatan

1. Satuan-satuan dan alat angkutan kesehatan harus dihormati dan dilindungi setiap saat dan tidak boleh menjadi objek serangan.

2. Perlindungan yang menjadi hak dari satuan-satuan dan alat angkutan kesehatan tidak boleh dihentikan kecuali jika mereka dipergunakan untuk melakukan tindakan-tindakan yang bersifat permusuhan, di luar fungsi kemanusiaan mereka.

Perlindungan dapat dihentikan hanya setelah diberikannya suatu peringatan yang menetapkan, bilamana perlu, suatu batas waktu yang masuk akal, dan setelah peringatan itu tidak diindahkan.

Halaman

(dnu/imk)