Bacaan Sholawat Tibbil Qulub dan Keutamaannya untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 12:51 WIB
Umat muslim menyisihkan waktu untuk beribadah pada bulan Ramadan di Masjid Cut Mutia, Jakarta, Selasa (7/6/2016). Selain salat wajib, umat Islam dapat tadarus Alquran dan berdoa di tempat ini.
Bacaan Sholawat Tibbil Qulub dan Keutamaannya untuk Kesehatan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Sholawat tibbil qulub menjadi doa yang bisa dibaca untuk mencegah wabah. Pada bulan Maret lalu, Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU) memerintahkan semua pengurus lembaga hingga pesantren di seluruh Indonesia untuk membaca sholawat tibbil qulub.

Membaca sholawat sangat dianjurkan dalam Al-Qur'an. Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Arab-latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al Ahzab: 56).

Sholawat tibbil qulub artinya adalah obat atau penyembuh hati. Hal ini juga menjadi keutamaan sholawat tibbil qulub. Dikutip dalam laman Islam NU, keutamaan sholawat ini secara umum terdapat di dalam kumpulan dzikir Majmu'ah wa Usbu'iyah:

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن

Artinya: "Shalawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin." (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu'ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu'iyah, hal. 47)

Adapun bacaan dari sholawat tibbil qulub adalah:


اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم


Arab-latin: "Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim."


Artinya: "Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya."

Sholawat tibbil qulub ini bisa dibaca setiap hari untuk menjauhkan kita dari segala macam penyakit.

(lus/erd)