Ini Isi Petisi yang Urung Disampaikan Gatot Nurmantyo dkk ke Kapolri

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 18:07 WIB
Din Syamsuddin hingga Gatot Nurmantyo ke Bareskrim Polri
Petinggi KAMI ke Bareskrim Polri (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Gatot Numantyo, bersama rombongan tak bisa bertemu dengan Kapolri Jenderal Idham Azis saat menyambangi Bareskrim Polri. Padahal, mereka hendak memberikan petisi.

"KAMI datang ke sini dalam komposisi lengkap. Baik presidium, eksekutif maupun deklarator. KAMI adalah organisasi yang memegang teguh konstitusi dan menjunjung tinggi Moral. Untuk itu KAMI datang ke sini untuk menyampaikan petisi kepada bapak Kapolri," kata Gatot di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (15/10/2020).

Gatot mengatakan penyampaian petisi tersebut berkaitan dengan penahanan petinggi KAMI. Menurut Gatot, bila ada sesuatu yang berkaitan dengan penegakan hukum dinilai kurang, maka kewajibannya sebagai warga negara adalah menyampaikan pendapat. Salah satunya melalui petisi.

"Kami menginginkan Kepolisian Republik Indonesia yang benar-benar mengawal hukum dan bisa memberikan contoh tauladan dalam penegakan hukum. Kalau ada kekurangan-kekurangan, kewajiban kami sebagai warga negara menyampaikan pendapat-pendapat dalam petisi ini. Berkaitan dengan saudara-saudara kami yang ditahan. Bukan hanya yang dari KAMI, termasuk yang lain-lainnya yang ditahan,"tuturnya.

Gatot beserta rombongan tidak diizinkan masuk ke dalam gedung Bareskrim. Gatot menyampaikan bahwa kedatangannya bersama presidium KAMI sebagai wujud kecintaan terhadap institusi Kepolisian.

"Kami dapat informasi selama COVID beliau jarang ada di kantor, terima kasih. Dan kedatangan kami ke sini adalah wujud secara konstitusi kemudian wujud kecintaan kami kepada kepolisian republik Indonesia," ujarnya.

Video 'Polisi Ungkap Alasan Gatot Nurmantyo Cs Ditolak Jenguk Petinggi KAMI':

[Gambas:Video 20detik]



Berikut ini isi petisi yang dibacakan oleh salah satu presidium KAMI, Rochmad Wahab:

Selanjutnya
Halaman
1 2