Polisi Selidiki Perusakan di Thamrin City Pascademo Omnibus Law

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 16:40 WIB
Kondisi terkini Thamrin City (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Thamrin City, Jakarta Pusat. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Thamrin City, di Jl KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, menjadi sasaran massa rusuh pada Selasa (13/10) malam pascademo omnibus law UU Cipta Kerja. Polisi saat ini tengah menyelidiki pelaku tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan Thamrin City mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut.

"Ada Perusakan yang terjadi di Thamrin City, ini yang masih kita dalami," kata Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Yusri mengatakan massa saat itu melempari Thamrin City. Tetapi, Yusri memastikan tidak ada penjarahan ketika kejadian berlangsung.

"Ada pelemparan pada pertokoan Thamrin City--bahkan ramai di media sosial yang bilang terjadi penjarahan--saya sampaikan lagi tidak ada penjarahan. Saya tegaskan tidak ada penjarahan," kata Yusri.

"Memang mereka sempat ke sana dan melakukan pelemparan ke Thamrin City, kerusakan ada beberapa kaca saja dan ini masih kita selidik lagi," imbuhnya.

Seperti diketahui, sekelompok massa menyerang Thamrin City pada Selasa (13/10) malam setelah massa demo di Patung Kuda, Jakpus, membubarkan diri. Saat itu sebagian massa yang dipukul mundur polisi, berlari ke arah Jatibaru.

Massa di Jatibaru berhasil diredam petugas saat itu. Namun sekitar pukul 21.50 WIB, sekelompok massa melempari Thamrin City.

Akibat kejadian itu, plang tulisan 'Thamrin City' rusak dan bengkok. Lapisan besi di plang ini terkelupas. Komponen listrik di dalam plang ini pun terlihat dari luar.

Ada 2 baliho dengan ukuran berbeda di depan Thamrin City dari Jalan Jalan KH Mas Mansyur ini yang tampak mengalami kerusakan. Pada baliho yang berukuran kecil, ada sejumlah lubang kerusakan bekas hantaman batu. Sedangkan pada baliho berukuran besar, ada 3 lubang kerusakan.

Satu pos dan gate parkir Thamrin City rusak. Pada Jalan KH Mas Mansyur, tepatnya di depan Thamrin City, ada sisa-sisa pembakaran. Di pembatas jalan, juga terlihat batu-batu dan besi.

Simak video 'Sempat Didatangi Massa Perusuh, Begini Kondisi Terkini Thamrin City':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)