Batal Demo di Cempaka Putih, Buruh Aksi di Kawasan Industri JIEP Pulogadung

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 13:29 WIB
Demo buruh di kawasan industri JIEP Pulogadung.
Demo buruh di kawasan industri JIEP Pulogadung. (Luqman Nurhadi/detikcom)
Jakarta -

Demo massa Gerakan Buruh Jakarta (GBJ) batal digelar di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Massa buruh akhirnya menggelar aksi di Kawasan Industri JIEP Pulogadung, Jakarta Timur.

Koordinator Lapangan GBJ Zainal Abidin mengatakan awalnya aksi hendak dipusatkan di Istana Negara melalui Cempaka Putih. Namun, melihat kondisi massa yang kurang maksimal dan adanya penjagaan polisi, mereka memutuskan berdemo di Pulogadung.

"Dari rencana semula kita sebenarnya mau mengarah ke Istana Negara melewati jalur Cempaka Putih. Tapi karena kita mempertimbangkan situasi dan kondisi serta mempertimbangkan jumlah massa, akhirnya kita sepakati untuk berkumpul di kawasan Pulogadung ini," jelas Zainal kepada wartawan di lokasi aksi, Kamis (15/10/2020).

"Dari pihak aparat kepolisian, bahwa untuk wilayah sana (Istana) sedang dalam kondisi disterilkan. Karena kita mempertimbangkan kondisi massa juga. Kalaupun massanya banyak, apa pun hambatannya, karena kita menyampaikan aspirasi yang diatur UU No 9/1998. Kalau massa kita banyak, kita akan melakukan aksi ke Istana. Cuma kan massa aksi hari ini kurang maksimal," tambahnya.

Zainal mengatakan tuntutan massa demo adalah menolak omnibus law UU Cipta Kerja. Ada sekitar 100 orang buruh yang tergabung dalam aksi ini.

"Kita cukup orasi dan pembagian selebaran," ujar Zainal.

Terpisah, korlap GBJ Supardi mengatakan massa buruh yang di Pasar Rebo, Jaktim, juga batal menggelar aksi di sana. Massa bergeser ke Pulogadung.

"Iya, kita bergeser ke kawasan industri Pulogadung sekarang," kata Supardi.

Sebelumnya, Gerakan Buruh Jakarta (GBJ) rencananya akan menggelar aksi unjuk rasa menolak omnibus law UU Cipta Kerja di Simpang Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Massa buruh batal menggelar aksi di Istana.

"Informasinya, mereka tidak ke Istana, tetapi orasi di Simpang Cempaka Putih," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (15/10/2020).

(mea/mea)